Salatiga – Wali Kota mengimbau masyarakat Salatiga untuk tanggap terhadap bencana alam yang ada di wilayahnya. Apabila ada aduan agar langsung disampaikan kepada dinas terkait untuk pencegahan dan penanganan bencananya.

Seperti halnya yang terjadi pada Senin (24/2) yakni adanya talut longsor yang menimpa rumah Setiadi warga Hasanudin RT 1 RW 15 Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti. Longsor diketahui dikarenakan tembok penahan talud dari rumah milik Buwat menimpa rumahnya dan ditambah intensitas hujan dari siang hingga petang sangat tinggi. Beruntung dinding rumah Setiadi yang tertimpa material longsor tidak ikut ambruk.

Setiadi menuturkan bahwa kejadiaannya sangat cepat. Diakui bahwa  akibat longsornya material tanah tersebut membuat atap serta dinding rumahnya mengalami retak. Kejadian tersebut juga mendapatkan respon yang cepat dari pemerintah, tim kebencanaan dibantu masyarakat dan TNI-Polri kemudian membantu membersihkan reruntuhan material tersebut.

“Ada rasa trauma dan was-was apabila hujan deras kembali turun. Saya takut kalau sewaktu-waktu ada longsor susulan yang bisa saja menimpa rumahnya,”jelas Setiadi.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengajak warganya untuk terus menjaga lingkungan dengan  tidak membuang sampah sembarang. Masyarakat dituntut untuk tanggap terhadap bencana seperti kejadian longsor yang terjadi di Salatiga akhir-akhir ini.

“Memasuki musim penghujan yang lagi deras-derasnya seperti saat ini. Saya harap warga tidak buang sampah sembarangan, plastik sembarang. Tetep waspada terhadap cuaca yang ada, baik banjir, longsor dan penyakit yang bisa saja timbul,”bebernya saat ditemui di Rumah Dinas Walikota, Selasa (25/2).

Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat bisa menyampaikan keluhan atau bencana alam yang terjadi di wilayahnya. Karena hal tersebut nantinya akan dikoordinasikan bersama Dinas terkait yang membidangi bersama masyarakat.

“Koordinasikan dengan dinas terkait seperti Dinas Satpol PP di nomor (0298)322106, Dinas PUPR untuk segera cek dan bersihkan saluran maupun adanya longsoran untuk segera di tindak lanjuti. Kalau ada aduan pada saat musim penghujan ini bisa segera disampaikan,”pungkas Yuliyanto.