SIDOMUKTI – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kota Salatiga Tahun 2019, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Pendidikan Kota Salatiga menggelar Upacara Bendera Peringatan Hardiknas di Lapangan SMK N 2 Salatiga, Kel. Dukuh, Sidomukti, Kamis 02/05. Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM.

Dalam amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dibacakan oleh Walikota Salatiga, disebutkan bahwa tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Tema ini memuat nasihat penting Ki Hajar Dewantara mengenai hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan  yang penuh nilai dan pengalaman kebudayaan.

Disebutkan bahwa dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” kata Walikota.

Disampaikan pula bahwa dewasa ini peserta didik didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Generasi Z lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh dunia pendidikan untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan yang meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Yuni Ambarwati, SH menjelaskan bahwa penyelenggaraan peringatan Hardiknas dimaksudkan meningatkan kembali filosofi perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa, sekaligus memperkuat komitmen dan rasa nasionalisme seluruh insan pendidikan dan masyarakat.

Adapun peserta upacara terdiri dari ribuan insan pendidikan seperti guru, mahasiswa, siswa, lembaga pendidikan serta pemangku kepentingan lainnya. Turut mengikuti upacara tersebut antara lain: Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris, SS, MSi, Sekda Kota Salatiga, Drs. Fakruroji, Jajaran Forkopimda Kota Salatiga, dan juga kepala sekolah dan pimpinan lembaga pendidikan.

Seusai upacara diserahkan pula piala dan penghargaan atas prestasi-prestasi guru dan siswa di Kota Salatiga. Peserta upacara dan undangan juga disuguhi tarian poco-poco oleh 400 guru PAUD se-Kota Salatiga.(humas-sg)