Salatiga – Minat membaca dari anak sekolah perlu ditingkatkan. Hal ini penting karena dengan membaca bagi setiap anak bisa menggali ilmu dan meningkatkan kemampuan literasinya.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto SE MM saat membuka peluncuran dan peresmiaan literasi di Sekolah Dasar (SD) Marsudirini 78 Salatiga, Sabtu (8/2). Menurutnya, dengan meningkatnya minat membaca dari setiap anak akan memberikan pemahaman yang baik dari pentingnya membaca.

“Program ini sangat bermanfaat. Saya dorong anak-anak untuk banyak membaca dan menulis. Memahami pentingnya literasi, misal dengan datang ke perpustakaan untuk membaca berbagai macam buku. Hal ini perlu dilakukan karena  akan menumbuhkan minat baca mereka,”kata Yuliyanto.

Tumbuhnya minat membaca siswa dari sekolah ini  juga akan berdampak baik bagi sekolah lain. Hal ini yang perlu dilakukan terus dan berkesinambungan.

“Tidak hanya pintar namun tingkat literasinya juga akan tinggi apabila banyak siswa yang gemar membaca. Sekolah akan bertambah bagus dan memberikan pengaruh positif bagi lainnya,”terangnya.

Diakui bahwa program yang dijalankan oleh pemerintah Kota Salatiga saat ini dengan mengembangkan potensi dari bidang pendidikan, kesehatan dan UMKM masyarakat akan memberikan kontribusi yang baik bagi masyarkat. Menurutnya, komponen tersebut harus didorong terus agar perkembangannya bisa sejalan.

“Untuk mulyo bareng maju bareng, tidak hanya kotanya yang ditata, taman maupun jalannya. Namun unsur pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyataannya juga harus didorong. Pendidikan dari negeri maupun swasta saya dorong untuk maju dan  bergerak bersama didukung sektor ekonomi kreatif yang berkembang secara maksimal,”tandanya.

Kegiatan peresmian literasi di SD Marsudirini 78 ditandai dengan penandatangan bersama antara kepala Sekolah SD Marsudirini 78 bersama Walikota Salatiga. Kemudian siswa siswi juga menyempatkan untuk melakukan wawancara kepada orang nomor satu di Salatiga untuk dimasukkan ke dalam rublik majalah di Sekolah tersebut.