Wali Kota Tekankan Pentingnya Perencanaan dalam Pengisian SIRUP

Bagikan

Salatiga – Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyampaikan bahwa dalam sebuah penyelenggaraan pemerintahan dibutuhkan perencanaan yang matang. Hal ini dilakukan oleh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga yang ditugaskan menjadi admin RUP untuk berlatih dalam pengisian SIRUP.

“ Lakukan perencanaan dengan baik, karena dengan perencanaan yang baik akan memudahkan pelaksanaan kegiatan”, kata Wali Kota saat memberi arahan pada kegiatan Simulasi dan Pendampingan Pengisian Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Tahun Anggaran 2022, di Hotel Grand Senyum Yogyakarta, Rabu, (02/02/22).

Yuliyanto menyampaikan bahwa pengumuman RUP menjadi kewajiban yang harus dilakukan dalam proses pengadaan. Dimana pengadaan ini harus dilakukan di awal tahun anggaran untuk menjamin transparansi informasi dalam pengadaan barang dan jasa, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 dan aturan perubahannya.

“ Lakukan input RUP di awal tahun anggaran, karena selain untuk percepatan pengadaan barang dan jasa sebagaimana instruksi Presiden, persentase pengumuman RUP menjadi salah satu variabel penilai program koordinasi, supervisi, dan pencegahan (Korsupgah) KPK,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Ir. Wuri Pudjiastuti, M.M. Ia menyampaikan bahwa RUP merupakan hal yang penting dalam proses pengadaan barang dan jasa.

“ Dengan adanya RUP, setidaknya sudah digambarkan rencana kegiatan, misalnya anggaran berapa, kapan dilaksanakan, bagaimana spesifikasinya, kapan dilakukan proses pemilihan, kapan kontraknya, siapa saya yang boleh mengikuti, “kata Wuri.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Dr. Bayu Joko Mulyono, S.Sos, M.Si, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi terkait teknis pengisian dan pengumuman SiRUP, karena di tahun 2022, SiRUP sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Kemendagri. Ia juga menyampaikan bahwa sasaran kegiatan ini adalah agar OPD bisa mengumumkan SIRUP 100 persen di triwulan pertama.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Salatiga dengan mengundang narasumber dari LKPP dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.