Wali Kota Serahkan 250 Sertipikat PTSL

Salatiga- Wali Kota Salatiga bersama Kantor Pertanahan Kota Salatiga menyerahkan sebanyak 250 sertipikat Hak atas Tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021.

Kota Salatiga memiliki luas wilayah 5,4 hektar, yang terdiri dari 77.139 bidang tanah. Dimana 75.169 bidang diantaranya telah bersertipikat. Penyerahan sertipikat dilaksanakan langsung oleh Yuliyanto SE., MM bersama Kepala Kantor Pertanahan Kota Salatiga, Mulyanto dan Camat Sidomukti, Guntur Junanto.

“ Penyerahan ini merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi para penerima. Sebab kepemilikan sertipikat ini tak hanya memberikan jaminan kepastian hukum maupun perlindungan hukum terhadap hak atas tanah rakyat, namun dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Salatiga,” kata Yuliyanto usai menyerahkan sertipikat tanah secara simbolis di Aula Kelurahan Kecandran, Selasa (23/11/2021).

Pembagian Sertipikat, Menurut Wali Kota di wilayah Kecandran diharapkan bisa digunakan dengan baik dan bermanfaat.

“ Saya minta supaya sertipikat ini dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan bijak. Bagi masyarakat yang ingin terjun dalam dunia usaha, monggo sertifikat tersebut dimanfaatkan atau diagunkan. Namun harus disertai dengan perhitungan yang cermat, dan tidak digunakan untuk memenuhi keinginan pribadi. Melainkan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dan peningkatan kesejahteraan keluarga, melalui pengembangan dunia usaha,” tambahnya.

Kepala Badan Pertanahan Kota Salatiga, Mulyanto mengatakan bahwa dalam catatan Kantor Pertanahan Kota Salatiga mendapatkan target legalisasi aset berupa pensertifikatan tanah melalui program PTSL sebanyak 1.851 bidang di Kelurahan Kecandran dan Kelurahan Blotongan. Sedangkan, Lintas Sektor/UMKM sebanyak 25 bidang di Kelurahan Mangunsari dan Kelurahan Cebongan. Konsolidasi tanah sebanyak 388 bidang di Kelurahan Kauman Kidul. 

“Sehingga, total target legalisasi asset tahun 2021 sebanyak 2.264 bidang,” pungkasnya. 

Dan sampai saat ini, diakuinya, sudah terealisasi sebanyak 1.764 bidang yang terdiri dari 1.351 bidang dari program PTSL, 25 bidang dari lintas sektor/ UMKM dan 388 bidang konsolidasi tanah, masih tersisa 500 bidang dari kegiatan PTSL.  “Jumlah tersebut, termasuk tambahan target pada bulan November ini,” imbuhnya.