Wali Kota Minta CPNS Mampu Jaga Sikap

Wali Kota Salatiga Yuliyanto meminta kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru menerima SK untuk bisa menjaga sikap. Demikian pesannya saat memberikan sambutan usai menyerahkan SK Pengangkatan CPNS Pemerintah Kota Salatiga Formasi Tahun 2019 secara simbolis, di Aula Kaloka Lantai 4 Gedung Setda, 29/12.
“Saya dapat masukan dari salah seorang pejabat bahwa beberapa tahun lalu ada kasus CPNS yang tidak bisa menjaga sikap terhadap atasan dan senior. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya berharap rekan-rekan CPNS yang baru saja menerima SK pengangkatan untuk dapat membawa sikap. Segera saja mengisi posisi dimana formasi yang kalian lamar, segera menyesuaikan lingkungan kerja dan jangan sungkan untuk meminta masukan dan saran dari atasan,” pesan Yuliyanto.
Dalam laporannya Kepala Badan Kepegawaian dan Diklatda menerangkan jika penyerahan SK Pengangkatan CPNS dilakukan dalam beberapa sesi untuk mematuhi ptorokol kesehtan. “Untuk Hari Selasa tanggal 29, sesi I secara simbolis dilaksanakan di Aula Kaloka sebanyao 20 orang CPNS, Sesi II dilaksanakan di Aula Kaloka BKDIKLATDA sebanyak 58 CPNS. Selanjutnya untuk hari Rabu tanggal 30 Desember dilaksanakan di Aula BKDIKLATDA dibagi menjadi 3 sesi, sesi I pukul 08.00 sebanyak 50 CPNS, sesi II pukul 10.00 dengan 50 CPNS, dan sesi III pukul 12.00 sebanyak 44 CPNS,” Muthoin melaporkan.
“Proses pengusulan Penetapan NIP melalui online (paperless) dengan aplikasi Docudigital dan SAPK melalui Kantor regional BKN Yogyakarta. Peserta pemberkasan sebanyak 222 orang, yang dilaksnakan pada tanggal 16 sampai dengan 20 November 2020 terdiri dari: tenaga kesehatan sebanyak 52 orang, tenaga guru 92 orang dan tenaga teknis/ adminitrasi lainnya sebanyak 78 orang. Adapun rincian golongan sebagai berikut: golongan II/c 44 orang, golongan III/a 148 orang dan golongan III/b sejumlah 30 orang,” Muthoin merincikan.
Dalam kesempatan tersebut wali kota juga menyampaikan selamat kepada pada para CPNS. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Salatiga, saya mengucapkan Selamat kepada seluruh CPNS Formasi 2019, yang pada hari ini menerima SK Pengangkatan sebagai CPNS dan selamat bergabung menjadi bagian dari Pemerintah Kota Salatiga,” wali kota menyampaikan.
“Untuk itu saya berpesan, kepada para CPNS Formasi Tenaga Kesehatan agar siap terjun melayani masyarakat. Dimasa pandemi ini tenaga kesehatan mempunyai peran yang sangat penting yakni menjadi benteng pertahanan bagi masyarakat. Selanjutnya, bagi CPNS tenaga guru, walaupun pendidikan sekarang dilakukan dengan jarak jauh namun CPNS Tenaga Guru dituntut melakukan inovasi-inovasi dalam bidang pendidikan sehingga anak didik tetap mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” tambah wali kota.
“Sedangkan CPNS Tenaga Teknis diharapakan mampu melakukan kerjasama dan koordinasi dengan pihak-pihak lain untuk memperlancar dan menyukseskan program kerja. Teruslah belajar karena dengan senantiasa belajar maka segala tugas yang kita emban akan semakin ringan. Dengan belajar akan dapat menjawab segala tantangan yang kita hadapi secara baik,” pesan Yuliyanto.

Selain penyerahan SK Pengangkatan CPNS oleh wali kota kepada 3 perwakilan CPNS, juga disampaikan buku tabungan dan kartu ATM Bank Jateng oleh Direktur Bank Jateng Cabang Salatiga.