Wali Kota Lepas Bantuan Peduli Semeru

SALATIGA – Wali Kota Yuliyanto bersama Wakil Wali Kota Salatiga Muh. Haris  dan Forkopimda Kota Salatiga melepas truk kemanusiaan yang berisi bantuan dari LAZIS Jateng untuk korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur.

Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada LAZiS Jateng yang telah berkenan membantu saudara yang membutuhkan dari Erupsi Gunung Semeru. Dirinya berharap, kontribusi tersebut dapat dilakukan bersama-sama dan terus-menerus.

” Saya sangat mengapresiasi misi kemanusiaan tersebut. Selamat berkontribusi dan membantu saudara kita yang terkena musibah, semoga  bantuan tersebut bermanfaat. Terima kasih juga untuk LAZiS Jateng, para donatur dan relawan, yang telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa untuk saudara kita yang tertimpa musibah,” Kata Yuliyanto di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Senin (20/12/2021).

Dirinya juga selalu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu, membantu saudaranya yang tengah ditimpa bencana di manapun. Ia berharap dengan adanya kontribusi bersama, akan dapat memberikan dampak yang baik.

“ Ayo kita terus peduli, kalau ada musibah atau bencana kita ringankan bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu, Doso Sutrisno selaku Direktur Eksekutif LAZIS Jateng mengatakan bahwa musibah erupsi yang terjadi di Gunung Semeru tengah menyisakan duka yang mendalam. Lebih kurang 48 korban meninggal dunia dan ribuan warga mengungsi di beberapa titik pengungsian yang tersedia sampai dengan saat ini.

“ Kami merespon cepat dengan langsung mengirimkan relawan untuk membantu proses evakuasi, pendataan serta pendistribusian awal bantuan kepada para penyintas, serta penyiapan armada ambulans,” ucapnya.

Menurutnya, pemberangkatan relawan dan bantuan yang diperlukan oleh para korban juga terus dilakukan hingga kini sampai beberapa waktu kedepan.

” Bantuan untuk korban terus kami ikhtiarkan, relawan  dan  distribusi bantuan kita persiapkan. InsyaAllah hari ini kita memberangkatkan 2 armada truk kemanusiaan. Dan dalam waktu kedepan kita akan kirim kembali truk kemanusiaan secara berkala dalam 3 tahap untuk bulan Desember ini, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan di lapangan,” imbuhnya. Doso juga menuturkan, bantuan yang diberikan dihimpun dari donasi 16 cabang yang tersebar di Jawa Tengah yang saat ini sudah mencapai kisaran 1,6 M. , terdiri dari bahan logistik bagi para penyintas, kebutuhan sembako, kesehatan, serta kebutuhan mendesak lain yang saat ini dibutuhkan oleh para penyintas erupsi Gunung Semeru. Doso menambahkan, posko pengungsian LAZiS Jateng di Desa Sumberwuluh akan menjadi lokasi utama peletakan donasi.