Wali Kota Imbau Warga Rayakan Tahun Baru di Rumah Saja

Wali Kota Salatiga Yuliyanto. SE., MM., mengimbau kepada warga Kota Salatiga rayakan tahun baru di rumah saja. Pesan tersebut disampaikan usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di Halaman Mapolres Salatiga, 23/12.

“Warga tetap di rumah saja saat perayaan tahun baru, stay at home. Tidak ada arak-arakan kendaraan roda dua dan empat saat malam tahun baru. Semua warga harus menjaga keamanana natal dan tahun baru. Sementara dari kajian, stok pangan aman dan kenaikan tidak signifikan,” beber wali kota menanggapi pertanyaan wartawan.

Apel kali ini dihadiri ratusan personil yang terdiri dari peleton TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, DKK dan Pramuka. Saat mempimpin apel Walikota Salatiga membacakan Amanat dari Kapolri yang mengamanatkan Perayaan Nataru menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia dengan kegiatan beribadah, berkumpul dan bersuka cita bersama keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi. Peringatan ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas, sehingga perlu langkah antisipasi khususnya saat ini masih ditengah pandemi Covid-19 dan adanya varian baru yaitu omicron yang mengakibatkan lonjakan kasus termasuk Indonesia saat ini sudah ada yang tertular varian omicron.

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardidana menerangkan, Posko Keamanan diaktifkan mulai tanggal 24 Desember-2 Januari. “ Operasi Lilin Candi tahun 2021 ini merupakan kegiatan pengamanan natal tahun 2021 dan tahun baru 2022. Untuk personil petugas berjulah 509 oranga yang terdiri dari TNI, Polri dan stake holder yang kami siapkan di 4 pos pengamanan (pospam) dan 1 pos pelayanan (posyan). Setiap pos dijaga 18 personil mulai pagi tanggal 24. Kegiatan ini adalah pengamanan bagi umat nasrani yang memperingati hari raya natal dimulai dari misa.” Terang Kapolres Salatiga.

Tema melalui apel gelar pasukan operasi lilin candi 2021 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Wilayah Kota Salatiga.