Wali Kota Berharap Pramuwisata Promosikan Salatiga

Wali Kota Salatiga Yuliyanto berharap Pramuwisata asal Salatiga mempromosikan Kota Salatiga kepada para wisatawan. Permintaan tersebut disampaikan pada acara Pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Salatiga Periode 2020-2023 di Rumah Dinas Wali Kota, 13/01.
Hadir dalam kegiatan insan pariwisata tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Valentino T Haribowo, Ketua PHRI Arso Adji Sadjiarto. Ketua Dewan HPI Salatiga Fahmi Imtihan pada kesempatan tersebut dilantik oleh DPD HPI Jawa Tengah Restu Arpriono.
Usai melakukan pelantikan PLT Ketua DPD HPI Jawa Tengah meminta pengurus DPC HPI Kota Salatiga bekerjasama dengan stakeholder di Salatiga. “Saya sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Salatiga, terkhusus kepada Bapak Wali Kota yang berkenan memfasilitasi proses pelantikan kali ini. Selanjutnya saya berharap pengurus DPC HPI Salatiga langsung bisa berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemkot, PHRI, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tentunya agar kinerja HPI lebih maju dan bermanfaat bagi tumbuhnya pariwisata dan meningkatnya kunjungan ke Salatiga,” pesan Restu Apriono.
Tidak jauh beda, wali kota juga mengiginkan para Pramuwisata yang tergabung dalam organisasi HPI berperan aktif dalam meningkatkan citra Kota Salatiga. “Kota Salatiga tidak memiliki sumber daya alam yang mendukung sebagai lokasi wisata, namun banyak hal yang layak untuk dipromisikan menjadi tujuan wisata. Misalnya saja sektor kulinernya, Salatiga memiliki banyak makanan seperti banyaknya warung sate kambing yang enak, singkong keju D-9, enting-enting gepuk, serta berbagai olahan makanan lain. Belum lagi potensi wisata pendidikan, wisata kerja, wisata sejarah dan potensi lain yang bisa diangkat. Saya berharap setelah dilantik, pengurus HPI Salatiga bisa terus bekerja dengan baik,” Yuliyanto memberikan sambutan.
Fahmi Imtihan usai dilantik menyampaikan komitmennya untuk memberikan sumbangsih peningkatan pkepariwisataan di Kota Salatiga. “Kota Salatiga adalah kota penghubung sehingga kota ini memiliki potensi untuk dipromosikan kepada wisatawan. Target terdekat saya tentunya bangun internal organisasi agar menjadi personal yang akuntabel, professional dan bermartabat. Selanjutnya HPI juga akan memberikan kontribusi terkait sektor pariwisata. Kami akan berkolaborasi dengan Pemkot dalam hal ini dinas terkait, PHRI, serta Komite Ekonomi Kreatif Kota Salatiga yang akan segera dilantik pengurusnya,” ketua HPI Kota Salatiga memberikan keterangannya.