Wali Kota Ajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020

SALATIGA – Data tantang kondisi kependudukan merupakan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Dengan mengetahui kondisi rill kependudukan melalui data yang akurat, akan memudahkan dalam memperoleh gambaran tentang kebutuhan dari suatu wilayah tersebut. Karenanya Wali Kota Salatiga, Yuliyanto SE, MM meminta seluruh elemen masyarakat agar ikut menyukseskan dan memberikan dukungan dalam Sensus Penduduk 2020 Kota Salatiga yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Kota Salatiga.

Ajakan ini disampaikan oleh Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM saat memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sensus Penduduk 2020 yang digelar di Aula BKDiklatda Kota Salatiga, Senin 10/02/2020.

“Sensus Penduduk 2020 akan dijadikan sebagai dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Dengan mengetahui kondisi kriteria kependudukan, kita akan dengan mudah memperoleh gambaran tentang kebutuhan dari suatu wilayah. Oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua untuk turut serta menyukseskan terselenggaranya Sensus Penduduk 2020, baik dalam upaya penyebarluasan informasi, maupun melakukan koordinasi secara intensif dengan setiap lembaga maupun perangkat daerah,” ajak Orang Nomer 1 di Salatiga ini.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota menyampaikan beberapa pesan antara lain, seluruh ASN diminta dapat berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk Online yang akan dimonitoring oleh Pimpinan OPD. Seluruh Camat, Lurah, serta Ketua RT/RW, diharapkan berperan aktif dalam Sensus Penduduk Online dan Wawancara melalui pelaksanaan Rakorcam di masing-masing kecamatan.

“Saya ajak seluruh elemen masyarakat di Kota Salatiga untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai Sensus Penduduk 2020 melalui berbagai media, baik di forum masyarakat ataupun grup whatsapp lingkungan serta berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online,” kata Wali Kota.

Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kasubag TU BPS Kota Salatiga, Kusharyono, SST, MSi disampaikan bahwa Sensus Penduduk 2020 merupakan agenda 10 tahunan yang dilaksanakan pemerintah dalam rangka satu data kependudukan Indonesia.

Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode. Periode pertama, seluruh masyarakat akan mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id, mulai 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Kemudian dilanjutkan pada periode kedua, mulai tanggal 1 hingga 31 Juli 2020, yakni verifikasi dan pencacahan lapangan.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Salatiga, Drs. Noegroho Agoes Setijono dan Kepala BPS Kota Salatiga Satriono SSi, MM dengan moderator Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Salatiga, Dra. Gati Setiti, M.Hum.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkot Salatiga dan organisasi vertikal.(sg)