Wawali Dukung Alih Status IAIN Jadi Triger Pendidikan

Salatiga- Wakil Wali Kota Salatiga mendukung proses alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Perubahan ini kedepan akan menjadi daya ungkit (triger) bagi pendidikan dan perekonomian Kota  Salatiga kedepannya.

“Banyak potensi yang bisa kita ambil apabila alih status tersebut bisa segera diwujudkan, namun semua membutuhkan proses untuk menuju kesana. Saya dorong dan dukung hal tersebut, “ Ungkap Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris saat membuka Focus Group Discussion (FGD) di Gedung KH Hasyim Asyari IAIN Kota Salatiga, Kamis (16/07/2020).

Perubahan tersebut, menurutnya akan membawa dampak positif baik pendidikan maupun ekonomi Salatiga. Karena IAIN tumbuh dan sudah menjadi bagian dari Salatiga menjadi kampus islam dengan suasana yang selalu kondusif  dan moderat.

“Dari segi ekonomi nantinya akan semakin meningkat sejalan dengan datangnya mahasiswa. Mereka bisa menjadi pengungkit perekonomian, pendidikan maupun sosial budaya. Selain mahasiswa yang datang keluarganya bisa datang dan menikmati makanan khas maupun menginap disini,” jelasnya.

Muh Haris berharap alih status IAIN ini tidak lama lagi dan bisa menarik lapangan pekerjaan bagi masyarakat apalagi di masa pandemi ini.

“Tidak hanya mahasiswanya, namum lapangan pekerjaanpun bisa dibuka bagi masyarakat sekitarnya,”tutur Haris.

Rektor IAIN Kota Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M. Ag mengatakan bahwa kegiatan FGD tersebut sebagai jembatan untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak terutama dari Pemkot Kota Salatiga untuk membangun dan mendukung progres alih statusnya tersebut.

“Memang ada persyaratan yang harus dipenuhi. Kita akan koordinasi terus dengan stakeholder yang ada terutama di kota Salatiga termasuk pemkot, dll maupun beberapa Kementeraian di pusat,”jelasnya.