Upaya Satu Data di Salatiga melalui FGD Data Prioritas

Bagikan

Satu Data Indonesia (SDI) adalah salah satu upaya pengelolaan data di Indonesia yang beraneka ragam dan dinamis. Berkenaan dengan penyelenggaraan Satu Data di Salatiga agar memenuhi prinsip Satu Data, Pemerintah Kota Salatiga melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Data Prioritas di Ruang Kaloka Gedung Setda Kota Salatiga pada Hari Senin (21/11). Pada acara tersebut peserta FDG yeng terdiri dari Kepala OPD di Lingkup Pemkot Salatiga mendiskusikan, mengidentifikasi dan menyepakati data prioritas serta menyusun rencana aksi Tahun 2023.

Forum Satu Data merupakan media untuk mengkomunikasikan dan mengoordinasikan permasalahan terkait penyelenggaraan SDI di tingkat Kota Salatiga. Salatiga telah memiliki portal Satu Data yakni DATAKU, dimana data yang diinput dari OPD dan instansi lain telah memenuhi prinsip Satu Data. Adapun agenda pada FGD kali ini disampaikan materi tentang Integrasi E-Database dengan Portal Satu Data Kabupaten/Kota serta Data Prioritas dan Rencana Aksi Forum Satu Data yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Diakhir acara, dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Forum Data Salatiga oleh Pj. Wali Kota, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Diskominfo, Kepala Kesbangpol, Kepala BPKPD dan Sekretaris DPRD Kota Salatiga. Melalui Forum Satu Data kali ini diharapkan akan menghasilkan kesepakatan bersama tentang pentahapan, pengumpulan dan penetapan Data Prioritas serta Rencana Aksi Satu Data Salatiga Tahun 2023.

@ganjar_pranowo
@kominfo.jateng
@sinung_rachmadi
@kemendagri
@data.go.id
@bappeda_sala3
@bpskotasalatiga1
@humaskotasalatiga