BALAIKOTA – Untuk meningkatkan kepekaan terhadap isu-isu aktual yang ada di masyarakat, sekaligus meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan pertemuan-pertemuan kemasyarakatan. Karenanya pertemuan-pertemuan kemasyarakatan seperti pertemuan RT atau RW, karang taruna, siskamling ataupun pertemuan keagamaan diharapkan dapat dilestarikan/ di-uri-uri.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kesbangpol Kota Salatiga, Agung Nugroho, S.Sos, MM membacakan sambutan Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM sekaligus membuka Sosialisasi Peningkatan Aparatur Pemerintahan dan Elemen Masyarakat dalam Menganalisis Masalah Aktual Tahun 2020 di Gedung Setda, Selasa 10/03/2020.

“Jika sering berkumpul, kepekaan kita akan meningkat, informasi juga akan mudah tersampaikan. Berbeda jika kita jarang berinteraksi, tidak hadir dalam pertemuan kemasyarakatan kita tidak akan tahu informasi aktual yang sedang berkembang di lingkungan kita. Karenanya Bapak Wali Kota menyampaikan pesan agar kegiatan kemasyarakatan seperti pertemuan RT dan lainnya dapat di-uri-uri,” kata Agung Nugroho, S.Sos, MM.

Ia menambahkan bahwa pertemuan kemasyarakatan hingga grup whatsapp lingkungan harus aktif digunakan untuk tukar menukar informasi yang relevan, bermanfaat, akurat, dan bukan hoax. “Saya harap Saudara dapat turut serta dalam menjaga kondusifitas wilayah, dengan tidak menyebarkan berita hoax, misalnya terkait dengan virus corona, sebarkan langkah-langkah penanganan, sebagaimana yang telah dipublikasikan oleh Pemerintah Kota Salatiga maupun Kementerian Kesehatan,” pesannya.

Sementara itu dalam laporan penyelenggaraan kegiatan yang dibacakan oleh Kasubid Penanganan Konflik Badan Kesbangpol, Ris Surjadi, SE disampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memelihara kondusifitas wilayah agar senantiasa aman dan nyaman serta meningkatkan kemampuan aparat pemerintah dan elemen masyarakat dalam menganalisis masalah actual.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pengurus RT dan RW se-Kota Salatiga sebanyak 65 orang. Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain dari Polres Salatiga, Kodim 0714 Salatiga dan Badan Kesbangpol Kota Salatiga.(sg)