Soroti Kesadaran Masyarakat, Kelsi Kalibening Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan

Salatiga – Peningkatan kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19 di masyarakat menjadi topik utama yang dibahas dalam pertemuan Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) di Kelurahan Kalibening.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat, serta merumuskan langkah-langkah mengatasi masalah tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh  25 Kader Kelurahan Siaga (Kelsi) Kalibening serta tokoh masyarakat.

Lurah Kalibening, Boang Setiyo Utomo, SE , membuka secara langsung di Pendopo Kelurahan Kalibening Kecamatan Tingkir, Rabu (16/12/2020).

“Kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan memang harus selalu ditingkatkan, mengingat pandemi ini belum usai. Penerapan adaptasi kebiasaan baru seperti mengenakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan harus selalu kita ingatkan, “ujar Boang.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada kader Kelsi serta Puskesmas Sidorejo Kidul yang ikut mengampanyekan  kesadaran masyarakat  akan pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi. Selain itu, peran masyarakat dalam gugus tugas ataupun jogo tonggo pun sangat krusial dalam mengurangi dampak pandemi.

Senada dengan Lurah Kalibening, Ketua Kelsi Kalibening, Muhammad Aridho berharap agar kader Kelsi selalu mengingatkan masyarakat sekitar tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus terus diterapkan, dimana saja dan kapan saja.  Selain itu, para kader juga menyampaikan permasalahan terkait kesehatan antara lain mengenai hipertensi, diabetes serta pengolahan sampah,” jelas Aridho.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penandatanganan kesepakatan MMK Kalibening oleh Lurah Kalibening, Ketua Kelsi serta para anggota Kelsi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah dr. Azka selaku narasumber, segenap Tim Puskesmas Sidorejo Kidul, Bhabinkamtibmas serta Babinsa Kel Kalibening.