Sekda Minta PGRI Terus Berinovasi Majukan Pendidikan

SALATIGA – Sebagai organisasi yang mewadahi profesi guru, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mempunyai peran yang krusial dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta memajukan dunia pendidikan. PGRI diharapkan untuk terus berinovasi dalam membuat program-progam kerja dan terobosan dengan tetap bersinergi dengan Pemerintah untuk bersama-sama memajukan dunia pendidikan.

Harapan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga, Drs. Fakruroji saat memberikan pengarahan sekaligus membuka Konferensi Kota PGRI Salatiga Masa Bakti XXII (2020-2025) di Gedung DPRD Kota Salatiga, Sabtu 08/02.

“Peradaban yang unggul sangat ditentukan oleh pendidikan. PGRI sebagai wadah profesi guru mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan SDM sekaligus memajukan dunia pendidikan. Saya harap, PGRI dapat terus berinovasi, buat terobosan dan program kerja dengan bersinergi dengan pemerintah kota. Silakan berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan dan lain-lain,” pesan Sekda.

Sekda mengatakan bahwa bidang pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan di Kota Salatiga yang telah tertuang dalam RPJMD 2017 – 2022. “Dukungan dari PGRI tentu kami harapkan dalam pembangunan pendidikan, terlebih pendidikan ini mejadi salah satu dari 3 priorotas pembangunan di Kota Salatiga yang diamanatkan dalam RPJMD 2017 – 2022,” ungkapnya.

Sekda juga berharap agar kegiatan tersebut dapat menghasilkan pengurus yang amanah, yang berkualitas, sekaligus melindungi hak-hak anggotanya yaitu para guru. “Satu hal yang menjadi PR kita bersama yaitu masalah kebangsaan dan semangat toleransi. Saya titip kepada PGRI untuk terus menanamkan hal tersebut kepada anak didik kita melalui inovasi yang kekinian,” kata Sekda.

Sementara itu dalam laporan ketua panitia kegiatan yang dibacakan oleh Muh Rowi, S.Pd disampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari Pengurus Kota, Pengurus Cabang dan Ranting, Asosiasi Profesi, Dewan Pembina, Dewan Kehormatan Guru dan segenap undangan.

Kegiatan tersebut bertema “Peran PGRI dalam Mewujudkan SDM Unggul dan Beintegritas untuk Indonesia Maju”. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: Pengurus Prov PGRI, DR. Bunyamin, M.Pd, Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit MSi, Asisten Ekbang Sekda Kota Salatiga Ir Mustain, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati, SH dan Ketua Pengurus Kota PGRI Zaenuri, M,Pd. Dalam kesempatan tersebut, Sekda berkenan memukul gong sebagai tanda dimulainya Konferensi Kota PGRI Salatiga Masa Bakti XXII (2020-2025).(sg)