Salatiga Siap Sukseskan Regsosek 2022

Bagikan

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Salatiga menggelar rapat koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan. Rapat yang dihadiri oleh Pj. Wali Kota, Forkopimda, OPD, Camat dan Lurah itu digelar di Ballroom Grand Merapi Hotel Laras Asri Salatiga, Selasa (20/9). Menandai dibukanya acara, dilakukan pemukulan gong oleh Pj. Wali Kota Salatiga dilanjukan dengan penyerahan plakat dari BPS kepada orang nomor satu di Salatiga tersebut.

Eddy Supeno selaku Ketua panitia, melaporkan kegiatan yang terselenggara merupakan pertemuan dengan Pemerintah Daerah yang erat kaitannya dengan kegiatan maupun dukungan publisitas Regsosek 2022. “Rapat koodinasi ini merupakan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Daerah yang erat dengan kegiatan maupun dukungan publisitas Regsosek 2022. Seperti Kepala Daerah, Forkopimda, Bappeda, Dinsos, Diskominfo, Dinkes, DP3AP2KB, Disdik, Setda, Prokompim serta camat dan lurah se Kota Salatiga”. Ia juga menambahkan, kegiatan yang digelar diikuti oleh 62 orang termasuk panitia.

Kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Salatiga berharap ada kata kunci yang harus dipegang, sehingga Kota Salatiga bisa menuntaskan Regsosek tepat waktu. “Maka dalam kesempatan ini saya minta ada sebuah kata kunci, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan kita tidak usah enten-entenan (saling menunggu) dan segera mengambil langkah-langkah yang bermanfaat. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita sukseskan Regsosek 2022 ini. Salatiga, saya kepengen menuntaskan secara tepat waktu. Kalau bisa dipercepat kenapa diperlambat, kalau bisa dibicarakan baik-baik kenapa harus teriak-teriak”. Terdapat tiga kata kunci yang menjadi pedoman, yakni Sinergitas, Integritas dan Publisitas. Bahkan, orang nomor satu di Salatiga itu akan memberikan penghargaan (Regsosek Award) kepada petugas di daerah atas prestasi kinerjanya.

Seusai pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ka. Diskominfo, Drs. Budi Prasetiyono, M.Si (Penyebarluasan Informasi Kegiatan Regsosek 2022), Ka. BPS, Satriono, S.Si., M.M (Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi: Satu Data Perlindungan Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat) dan Penyuluh dari Dinas Sosial, Basuki Tedjosugondho, S.H (DTKS, DTKS Mikro & DT Jateng, Refleksi Pendataan Kemiskinan).

@jokowi @kemendagri @bps_statistics @ganjar_pranowo @sinung_rachmadi @setdasalatiga @dinkes_salatiga @dinsossalatiga @bpskotasalatiga1