“Rice Truck” Salurkan 1 Ton Beras di Salatiga

SALATIGA – Sebanyak 300 penerima manfaat (PM) di Kota Salatiga mendapatkan bantuan beras sebanyak tiga kilogram per orang, dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Humanity Rice Truck 2.0. Kegiatan itu untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Secara simbolis Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris menyerahkan bantuan beras bersama ACT kepada  perwakilan penerima manfaat, di Halaman Masjid Baitus Syukur Kelurahan Blotongan, Kota Salatiga, Jumat (24/9/2021).

“Terima kasih kepada ACT yang mempunyai agenda dalam membantu masyarakat. Hari ini merupakan kegiatan kedua dalam satu minggu ini. Sebelumnya pembagian nasi boks untuk para pemulung dan bapak ibu yang membutuhkan, di daerah Ngronggo dan di Panti Asuhan Darul Hadzonah  Kota Salatiga. Kemudian pagi ini ada distribusi beras gratis Rice Truck, untuk penerima manfaat yang ada di Kota Salatiga,” jelas Haris.

Dia mengingatkan para penerima manfaat, agar menggunakan beras yang diberikan dengan baik. Sehingga membantu meringankan kebutuhan rumah tangga.

“Mudah-mudahan kerja sama ini bisa berjalan terus, baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Bagi penerima manfaat. _Dipun syukuri nggih Bapak Ibu, mugi-mugi_ manfaat,” tambahnya.

Selain itu, Haris  juga mencoba untuk menempelkan kartu ATM beras yang berisi saldo tiga kilogram dan lima kilogram beras, di Rice Truck yang terparkir di halaman masjid.

Sementara itu Kepala Cabang ACT Kabupaten Semarang – Salatiga, Sehana mengatakan, Aksi Cepat Tanggap berupa Rice Truck adalah layanan progam beras gratis, yang merupakan kegiatan kemanusiaan generasi 2.0. Rice truck memiliki kapasitas 15 ton dengan tujuh ATM beras. Hal tersebut merupakan terobosan yang inovatif, di mana sebuah truk yang menggunakan ATM yang dapat mengeluarkan beras sebanyak tiga hingga lima kilogram setiap penarikan.

“Hari ini Insyaallah kami akan berikan beras gratis sebesar satu ton bagi masyarakat PM di Kota Salatiga. Semoga bisa bermanfaat dan membantu saat pandemi ini,” kata Sehana.