BALAIKOTA – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, Pemkot Salatiga melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Rapat Evaluasi Penilaian Adipura Tahun 2018 dan Persiapan Penilaian Adipura Tahun 2019. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Drs. Fakruroji ini dilaksanakan di Ruang Bhinneka Tunggal Ika, Gedung DPRD Kota Salatiga, Kamis 28/03.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup sehingga Kota Salatiga dapat meraih Penghargaan Adipura selama 3 tahun berturut-turut.

“Semoga kerja keras kita selama ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, tak hanya dalam upaya memperoleh penghargaan semata, tetapi juga dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup dan juga menanamkan perilaku hidup bersih, sehat, dan lestari di dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Sekda.

Fakruroji juga mengungkapkan bahwa persaingan antara kabupaten/kota dalam memperoleh Penghargaan Adipura saat ini semakin ketat. Terlebih dengan adanya penambahan indikator atau persyaratan, selain hasil penilaian fisik di lapangan dan penilaian non fisik seperti penyusunan Kebijakan dan Strategi Daerah dalam pengelolaan sampah.

Sekda berharap agar keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam rangka mewujudkan Kota Salatiga yang sehat, lestari, dan berwawasan lingkungan dapat terus ditingkatkan. Sekda mengajak seluruh masyarakat untuk terus berkomitmen dalam upaya pembenahan pada lokasi titik pantau yang kondisinya masih belum maksimal, seperti pasar dan pertokoan.

“Untuk itu saya minta agar rapat pada hari ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi diri, dan memperbaiki setiap kekurangan, dan dapat merumuskan langkah-langkah serta tindak lanjut yang dibutuhkan dalam pemecahan masalah lingkungan hidup,” papar Sekda.

Kegiatan ini mengundang setidaknya 90 peserta dari berbagai elemen masyarakat seperti SKPD terkait, kecamatan, kelurahan, bank sampah, kampung iklim, pihak swasta dan tokoh masyarakat. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Kepala Bidang Inventarisasi Daya Dukung Daya Tampung Sumber Daya Alam Lingkungan Hidup pada Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Jawa, Kementerian LH, Setyo Winarso, S.Hut dan juga Kepala Dinas LH Kota Salatiga, Drs. Prasetyo Ichtiarto, M.Si.