SALATIGA – Sebanyak 150 insan olahraga yang berdedikasi dan berprestasi di Kota Salatiga menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Salatiga. Penghargaan  tersebut disampaikan secara simbolis oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM dalam apel luar biasa dalam rangka Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Tingkat Kota Salatiga Tahun 2019 di Halaman Pemkot Salatiga, Sabtu 14/09/2019.

Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada insan olahraga di Kota Salatiga yang telah berperan penting dalam perkembangan dunia olahraga di Kota Salatiga.

“Saya sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan penting dalam perkembangan olahraga di Kota Salatiga seperti KONI, atlet baik senior maupun junir, pelatih, pembina dan pengurus organisasi di masing-masing cabang olahraga dan seluruh insan olahraga. Mari kita terus optimalkan sinergitas yang baik ini, untuk semakin mengukuhkan Kota Salatiga sebagai Kota Pendidikan dan Olahraga,” kata Walikota.

Walikota juga menyampaikan bahwa peringatan Haornas tidak hanya dijadikan momentum untuk meningkatkan prestasi olahraga saja, tapi juga momentum untuk memasyarakatkan dan membudayakan olahraga serta mengampanyekan bahwa olahraga bisa dilakukan dengan cara sederhana, di mana saja dan kapan saja.

“Dikaitkan dengan Trifungsi Kota Salatiga yang salah satunya adalah Kota Pendidikan dan Olahraga, maka seharusnya kita tidak berpuas diri dengan sebutan ‘gudangnya atlet’, tapi yang tidak kalah penting adalah mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai haya hidup sehari-hari,” jelas Yuliyanto.

Walikota menyebutkan bahwa Pemerintah Kota terus mendukung hal tersebut dengan terus berupaya memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana serta fasilitas olahraga, seperti renovasi Stadion Kridanggo, pembangunan lapangan olahraga di 4 kecamatan, pembangunan ruang terbuka hijau serta rencana pembangunan sport center di 4 kecamatan. Walikota mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan dan ikut merawat fasilitas dan sarana olahraga tersebut.

Terpisah, Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Salatiga, Muh. Adrik Sudiro, SE, MM menjelaskan bahwa 150 insan olahraga yang menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Salatiga tersebut berasal dari 16 cabang olahraga.

Penghargaan dibagi menjadi 4 kategori, kategori pertama sebanyak 30 atlet, kedua 40 atlet, ketiga 60 atlet dan keempat 20 atlet. Kategori pertama menerima uang pembinaan sebesar Rp.1.500.000, kategori kedua menerima uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-, kategori ketiga menerima uang pembinaan sebesar Rp. 750.000,- dan kategori keempat menerima uang pembinaan sebanyak Rp. 500.000,-.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula penghargaan untuk Atlet Master atas nama Ibu Siti Fatimah yang telah meraih Juara III lari 1500 m dan Juara III lari 3000 m dalam ajang Malaysian International Open Masters Athletics Championships di Stadium University Malaya, Kuala Lumpur yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 Oktober 2019 lalu.

Seusai acara seremoni, Walikota bersama Wakil Walikota Muh Haris, SS, MSi, Sekda Drs. Fakruroji, jajaran Forkopimda dan Kepala Dinas mengikuti eksibisi olahraga tradisional yaitu dagongan dan terompah panjang. Dalam perlombaan tersebut, peserta dibagi menjadi 4 tim yaitu Tim Walikota, Tim Wakil Walikota, Tim Kapolres dan Tim Dandim. Juara 1 dagongan diraih oleh Tim Walikota, dan Juara 1 Terompah panjang direbut oleh Tim Kapolres.(sg)