Peringati Hakordia, Bangun Kesadaran Bersama Cegah Tindak Korupsi

SalatigaWali Kota Salatiga Yuliyanto mengikuti peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2020 (HAKORDIA) di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Rabu (16/12/2020) melaui aplikasi webinar zoom. Peringatan kali ini mengusung tema Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa Dalam Budaya Anti Korupsi.

Hakordia diperingati setiap tanggal 9 Desember. Untuk tahun 2020, tema yang diusung adalah  membangun kesadaran bersama dalam upaya pencegahan tindak korupsi di seluruh aspek kehidupan. Karena butuh upaya dalam penyadaran publik bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa.

“Mari kita bangun kesadaran bersama untuk pencegahan tindak korupsi dengan mengoptimalkan seluruh elemen anak bangsa akan bahaya dari korupsi. Sosialisasi tentang tindakan anti korupsi harus diperluas ke seluruh masyarakat,“ kata Firli Bahuri Ketua KPK saat membacakan sambutannya.

Hal ini dipertegas dengan pernyataan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dirinya mengatakan bahwa menumbuhkan rasa malu untuk korupsi harus digencarkan dan tindakan pencegahan  anti korupsi di Indonesia harus terus dilakukan.

“Lembaga pemerintahan harus terus transparan, terus jaga akuntabilitas, dan penyederhanaan  proses birokrasi harus dilakukan. Pendidikan anti korupsi harus terus dilakukan dan diperluas,” Jelasnya.