Penyerahan Hadiah Lomba Krenova Tingkat Kota Salatiga Tahun 2022

Bagikan

Bertempat di Pendopo Pakuwon, Gedung Setda Kota Salatiga (15/8) penyerahan hadiah lomba Krenova tingkat Kota Salatiga 2022 digelar. Krenova (Kreativitas dan Inovasi Masyarakat) merupakan sebuah penghargaan/apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas. Dalam hal ini, Pj. Wali Kota Salatiga secara langsung memberikan hadiah kepada para pemenang dalam lomba yang diadakan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Salatiga itu.

Lomba Krenova diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari beberapa lapisan masyarakat. Setelah melalui proses penjurian, Drs. Muthoin, M.Si selaku Kepala Bappeda menyampaikan pemenang lomba dari Juara Harapan III hingga Juara I. “Dari 20 peserta, sudah kita pilih menjadi juara I, II, dan III dan juara harapan II dan III. Sehingga pada kesempatan ini silahkan untuk berdebar-debar bagi 20 peserta yang mengikuti”. Dalam laporannya, juara harapan III diraih Kreasi Robot Pemilah Sampah, Harapan II Kreasi Donat, Juara lll Kreasi Recycle Serbaguna Plastik Polyehylene, Juara ll Kreasi Pengusir Burung Berbasis Solar Cell dan Juara 1 diraih oleh SMP Muh Plus Salatiga dengan Kreasi Biskuit pati garut dan tepung waluh.

Seusai penyampaian laporan lomba, dilanjutkan penyerahan hadiah untuk pemenang, dengan didampingi oleh tim juri. Kemudian, orang nomor satu di Salatiga tersebut memberikan arahannya kepada peserta dan Ka Bappeda, untuk bisa mengangkat dan memperkenalkan kreasi-kreasi yang diperlombakan. “Saya nderek titip pesen Mas, Kepala Bappeda juga Mas Arso selaku pimpinan Kadin, tolong 20 ini nanti di weekend atau car free day ditampilkan mas. Nanti diberikan stand tersendiri, dan pamerkan, wartakan kepada publik dimana, apakah di Lapangan Pancasila atau dimana begitu”.

Diinformasikan, Kota Salatiga terdapat 8 hak paten terkait inovasi ini, dan Pj Wali Kota juga berpesan agar yang menjadi pemenang lomba bisa didorong dan difasilitasi terkait hak patennya. Selain itu, keberpihakkan mengenai kreasi diharapkan untuk terus digalakkan, supaya kreatifitas dan inovasi di Salatiga bisa dikenal secara luas. Salah satu kuncinya dengan bekerja sama dengan beberapa media, baik online maupun cetak untuk dipublish. Pada akhir acara, dilakukan peninjauan ke hasil karya atau kreasi dalam perlombaan Krenova Tingkat Kota Salatiga 2022.