Salatiga(27/3), Sehubungan akan segera diterapkannya penggunaan teknologi informasi dalam rangka memberikan pelayanan produk hukum keputusan kepada seluruh OPD di wilayah Pemkot Kota Salatiga, Bagian Hukum Setda Kota Salatiga gelar sosialisasi E-Legal Drafting di Laboratorium Komputer BKDiklatda Kota Salatiga. Acara Sosialisasi tersebut di laksanakan sebanyak 2 gelombang, yaitu Selasa(26/3) dan Kamis(28/3). Dalam laporannya Kepala Bagian Hukum Setda Salatiga Haryono Arief, SH menyampaikan bahwa diterapkannya aplikasi ini tujuannya adalah untuk kemudahan akses dan akuntabilitas dalam penyusunan produk hokum keputusan. “ Jadi aplikasi ini rencananya akan segera di terapkan bulan april mendatang secara keseluruhan di seluruh SKPD  terutama dalam penyusunan produk hukum berupa keputusan, diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini penyusunan produk hukum berupa keputusan dapat lebih mudah dan akuntabel, karena yang mengajukan tidak perlu lagi bolak balik ke bagian hukum untuk konsultasi, semua bisa dilakukan secara langsung dari kantor masing-masing.” Ujar haryono.

Pada kesempatan yang sama Asisten Pemerintahan Sekda Gati Setiti mengingatkan pentingnya produk hukum keputusan dalam menjalankan kegiatan pembangunan. “Yang harus diingat adalah bahwa SK adalah payung hukum bagi pelaksanaan kegiatan pembangunan dalam administrasi pemerintahan.” Tegas Gati Setiti.

Membuka acara sosialisasi tersebut Walikota Salatiga Yuliyanto, SE, MM menyatakan apresiasi atas rencana diterapkannya penggunaan teknologi aplikasi untuk mempermudah penyusunan produk hukum, namun demikian Walikota mengingatkan bahwa kemudahan harus juga diimbangi dengan komitmen oleh bagian hukum sebagai pemberi layanan dan OPD sebagai penerima layanan. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas diterapkannya E-legal drafting dilingkungan Pemkot Salatiga, tapi saya ingatkan bahwa semua harus diimbangi dengan komitmen untuk melaksanakan dengan baik, seperti kita ketahui bahwa produk hukum berupa keputusan merupakan legalitas dari kegiatan pembangunan yang kita laksanakan.” Terang Walikota.

Acara Sosialisasi tersebut digelar dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu Asisten Pemerintahan dan dari Bagian Hukum