Pelantikan Pengurus FKUB Kota Salatiga masa bakti 2022 – 2027

Bagikan

Kota Salatiga bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia karena keberagaman suku dan agama di dalamnya. Toleransi yang tercipta diantara berbagai umat beragama di Kota Salatiga tidak lepas dari kontribusi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga dilaksanakan acara Sarasehan dan Pelantikan Pengurus FKUB Kota Salatiga. Sebanyak 17 orang dari beberapa unsur keagamaan dilantik menjadi pengurus FKUB masa bakti 2022-2027 pada Hari Jumat malam (23/9/2022).

Dihadiri Pj. Wali Kota, jajaran Forkopimda, Assisten Sekda, Staf Ahli Wali Kota, Kepala Bakesbangpol dan tokoh agama Kota Salatiga acara pelantikan pengurus FKUB diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Penjabat Wali Kota Salatiga. Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menyampaikan “Kewenangan dari Pemkot tidak akan saya ambil sebelum FKUB memberikan rekomendasi, itu tekad saya. Status FKUB bukan hanya sebagai pelengkap namun kontribusi dan perannya dalam intreraksi serta posisi dengan Pemerintah Kota sangat signifikan”.

Terbentuknya FKUB Kota Salatiga didasarkan atas Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah. Dengan adanya peraturan tersebut menjadi cikal bakal yang membawa Kota Salatiga menjadi kota yang damai, tentram, toleran serta kondusif. Bahkan di beberapa tahun terakhir Kota Salatiga konsisten berada di posisi 3 besar pertama Kota Tertoleran se Indonesia.

FKUB Kota Salatiga tidak hanya bergerak dalam masalah kerukunan dan tempat ibadah umat beragama saja, namun forum ini juga bergerak dalam bidang lainnya seperti mengadakan kegiatan pengobatan mata gratis, gerak jalan toleransi, donor darah, penanaman pohon serta gagasan wisata religi. “Niat FKUB menjadikan Kota Salatiga sebagai kota yang aman, damai, toleran dan sejahtera adalah harapan kami, tanpa dukungan Pemerintah Kota kami tidak ada apa-apanya,” ucap Ketua FKUB Kota Salatiga masa bakti 2022-2027. Setelah resmi dilantik, acara dilanjutkan dengan Sambung Rasa dengan moderator Kepala Bakesbangpol.

@jokowi
@ganjar_pranowo
@tajyasinmz
@sinung_rachmadi
@kemendagri
@kesbangpol_salatiga
@fkub.kotasalatiga
@fkub.official
@humaskotasalatiga