Ormas dan Orpol Menjadi Pilar Penting Menjaga Keutuhan

Bagikan

Salatiga – Keberadaan organisasi masyarakat (ormas) dan organisasi politik (orpol) di masyarkat menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga kebersamaan dan keutuhan berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Salatiga, Dr. Muh Haris saat membuka Semiloka Pemikiran Cinta Tanah Air, yang diikuti oleh 30 peserta yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kota Salatiga di Ruang Plumpungan Gedung Setda Lantai 4, Senin (18/10/2021). Menurutnya, ormas dan orpol juga harus menjadi bagian yang harus hadir dalam penyelenggaraan pemerintah, agar berjalan dengan baik.

“ Adanya penggiat ormas dan orpol harus hadir memantau efektivitas penyelenggaraan pemerintah agar berjalan dengan baik. Selain itu, untuk momentum seperti Pilkada, Pemilu agar mereka bisa berjalan dengan baik dan tidak mengganggu kebersamaan dan kekompakan dalam  membangun kota Salatiga kedepannya,” kata Muh Haris

Diakui, saat ini penanganan dan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi covid-19 berangsur-angsur mulai membaik. Saya harap kegiatan ormas dan orpol bisa berjalan kembali, seperti pengajian dan kegiatan peribadatan lain bisa berjalan kembali, kegiatan pendidikan, dll.

“ Ini menjadi bagian  untuk memperkuat NKRI. Kita harus berkomitmen bersama-sama menjaga kesatuan bangsa dan melanjutkan pembangunan. Saya ingatkan untuk selalu menjaga kebersamaan bersama, jangan sampai bangsa terbelah karena ada perpecahan di dalam ormas atau orpol.” Jelasnya.