Optimalkan Zakat di Salatiga, Target 1 Milliar

Bagikan

Untuk mendukung upaya pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan umat dan pengurangan kesenjangan sosial di Kota Salatiga, Baznas menggelar kegiatan Gerakan Cinta Zakat Kota Salatiga 2022. Acara yang berada di Ruang Kaloka, Gedung Setda Salatiga (15/9), itu selain menjadi forum silaturahim antara Baznas, Pemkot Salatiga, Forkopimda dan beberapa unsur lainnya, acara tersebut juga untuk mensosialisasikan Surat Edaran (SE) Wali Kota Salatiga No.451.12/1289/101.2 tentang Optimalisasi Penghubungan Zakat, Infaq, Sodaqoh melalui Baznas Kota Salatiga. Oleh karena itu, kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua Baznas Prov. Jateng, Pj. Wali Kota, Sekda, Forkopimda, Ka. OPD, Pimpinan BUMD/N, Bendahara tiap instansi dan segenap undangan lainnya.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan paparan mengenai “Pencegahan Dini Terhadap Penyalahgunaan Organisasi Pengelolaan Zakat dan Pengumpulan Uang/Barang” oleh Kasat Intelkam Polres Salatiga, Iptu Bharatungga Dharuning Pawuri, S.T.K., S.I.K., M.H. Pihaknya mengingatkan untuk lebih berhati-hati dalam memberikan Zakat, Infaq dan Sodaqoh kepada orang yang tidak dikenal, sehingga dana yang diinfaqkan tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Joko Wahono, S.Sos., M.M Selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Salatiga, menyampaikan Potensi Infaq ASN Kota Salatiga hampir 300 juta per bulan. “Perlu kami sampaikan bahwa potensi Infaq dan Sodaqoh ASN Kota Salatiga kurang lebih 300 juta, itu dalam satu bulan. Tetapi realisasinya hanya kurang lebih 43 juta, kurang lebih hanya 14 persen sekian”. Kesempatan tersebut, ia mengajak kepada seluruh ASN untuk menyalurkan zakatnya kepada Baznas Kota Salatiga. Mendengar data zakat dari ASN di Salatiga hanya sekian persen, Pj. Wali Kota, Drs. Sinoeng N Rachmadi menargetkan zakat yang akan terkumpul adalah 1 Miliar dalam satu tahun. Karena pihaknya yakin bila berniat untuk kebaikan, pasti akan diberi jalan oleh Tuhan. Hal itu juga didukung oleh Ketua Baznas Prov. Jateng, Drs. H. Darminto, S.E., M.M yang memberikan petuah agar seluruhnya bisa menyisihkan sedikit hartanya kepada orang yang membutuhkan. Karena sesuai ajaran agama, harta yang sesungguhnya adalah harta yang telah disedekahkan.

Kesempatan tersebut juga dilakukan pentasyarufan Zakat, Infaq dan Sodaqod kepada pelaku ekonomi produktif (13 penerima) masing-masing 15 juta, 41 paket logistik senilai Rp. 4.830.000 (THL Dishub, Kusir Dokar, supir becak, dan petugas parkir di Salatiga) dan bantuan rehab rumah layak Baznas senilai 5 juta kepada Sukawit Puryadi (Kel. Pulutan, Sidorejo). Selain itu, juga dilakukan penyerahan buku laporan kinerja semester 1 dari Baznas Salatiga kepada Pj. Wali Kota Salatiga serta penandatanganan Surat Pernyatan kesediaan menunaikan zakat/infaq/sedekah melalui Baznas oleh Forkopimda Kota Salatiga.

@jokowi @kemendagri @baznasindonesia @ganjar_pranowo @sinung_rachmadi @baznasjateng @baznaskotasalatiga @humaskotasalatiga @salatigapolres