Melalui Rakerda, PKK Buktikan Jadi Mitra Kerja Pemerintah dan Keluarga

Bagikan

Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Rakernas IX dan Rakerda Tahun 2022 di Ruang Kaloka, Lantai 4 Gedung Setda pada Hari Senin (14/11). Acara ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK, Sekretaris Daerah, Kepala OPD terkait, Camat, Lurah dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan/Kelurahan se-Kota Salatiga.

Kegiatan ini memiliki tujuan agar hasil rakernas IX PKK tahun 2021 dapat tersosialisasikan. Beberapa tujuan lainnya yaitu sebagai upaya pemahaman, pengisian administrasi dan pelaksanaan program PKK. Sosialisasi ini dihadiri oleh 215 orang yang terdiri dari 26 orang tim penggerak PKK Kota Salatiga dan 189 orang yang merupakan tim penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan. Setiap tim penggerak PKK Kecamatan/Kelurahan menghadirkan 7 orang yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Ketua Pokja. Materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu mengenai penyampaian program kerja tim penggerak PKK Kota Salatiga Tahun 2023 dan penyampaian hasil rakernas IX PKK tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut Pj Wali Kota berkenan memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Beliau berpesan agar dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK perlu adanya skala prioritas dengan mempertimbangkan terkait manfaat program kerja, dampak serta sasaran dari program tersebut.

PKK sebagai mitra kerja pemerintah disamping melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK juga berperan aktif melaksanakan program-program dari OPD antara lain pendataan-pendataan dan penggerakan warga masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh OPD terkait. Dalam sambutannya Pj. Ketua Tim Penggerak PKK juga menyampaikan “Melalui rakerda ini diharapkan dapat mewujudkan peran keluarga sebagai pelopor perubahan sehingga menjadi keluarga yang sehat, cerdas, berdaya, beriman dan bertakwa menuju keluarga sejahtera lahir dan batin dapat terwujud.”

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba 10 program pokok PKK dan Lomba Aku Hatinya PKK oleh Pj. Wali Kota Salatiga. Adapun daftar pemenang lomba sebagai berikut,
Program Pokok PKK :

  1. Kel. Kumpulrejo
  2. Kel. Mangunsari
  3. Kel. Pulutan

Hasil Lomba Aku Hatinya PKK :

  1. Kel. Pulutan
  2. Kel. Kutowinangun Lor
  3. Kel. Mangunsari

@kemendagri
@ganjar_pranowo
@sinung_rachmadi
@dinratih22
@pkk.kotasalatiga
@dp3appkb.salatiga
@humaskotasalatiga