Titik Kirnaningsih Yuliyanto selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Salatiga menegaskan, pengurus PKK harus bertindak cepat dalam upaya penanganan dampak Virus Corona di masyarakat. Jika masih ditemukan adanya warga terdampak COVID-19 yang belum memperoleh bantuan, apalagi sampai kelaparan, pengurus PKK di tingkat lini harus secepat mungkin menghubungi pengurus PKK Kota Salatiga sehingga bisa segera tertangani.

 

“Jika masih ditemukan adanya warga yang belum memperoleh bantuan, pengurus PKK harus bertindak cepat, segera menghubungi pengurus PKK Tingkat Kota. Nantinya, secara pribadi kita akan turun langsung memberikan bantuan. Jika ada warga yang kelaparan, apalagi sampai mati kelaparan, itu akan menjadi dosa seluruh warga di lingkungan tersebut,” tandas Titik, saat seremoni penyerahan bantuan paket sembako dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DP3A) Kota Salatiga kepada masyarakat terdampak COVID-19 melalui PKK, di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (05/5/2020). Penyerahan paket sembako tersebut dilakukan bertahap, yakni wilayah Kecamatan Sidomukti dan Tingkir pada hari Selasa dan wilayah Kecamatan Sidorejo dan Argomulyo pada hari berikutnya.

 

Bantuan paket sembako dari DP3A, menurut Titik sudah sangat bagus dan terkoordinir oleh Gugus Tugas. Ia menandaskan, semua yang didaftarkan oleh DP3A sudah melalui proses seleksi (sensor) oleh Gugus Tugas, sehingga tidak serta merta semua yang didaftarkan oleh DP3A akan menerima bantuan, karena dimungkinkan sudah tercatat melalui dinas lainnya. Selanjutnya, semua warga (sesuai KK)  yang sudah terdata oleh Gugus Tugas akan mendapat bantuan secara berkala selama pandemi COVID-19 masih berlangsung.

 

Lebih jauh, Titik berpesan agar semua pengurus PKK tidak jenuh mengingatkan keluarga dan warga di sekitarnya untuk selalu menjaga lingkungan bersih, hidup bersih, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Kami mengimbau seluruh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan minum vitamin untuk menjaga kesehatan. Jika tidak ada vitamin dari medis, masyarakat bisa mengkonsumsi vitamin alami seperti jahe, kencur dan temulawak. Jangan lupa makan makanan sehat, serta memanfaatkan lahan pekarangan sebagai warung hidup dengan menanam sayuran dan ketahanan pangan,” tutur Titik.

 

Sementara, Plt Kepala DP3A Kota Salatiga, Wahyu Risnani mengungkapkan, jumlah bantuan yang dibagikan ke masyarakat melalui PKK tersebut sebanyak 293 paket sembako senilai Rp 200.000,- per paket. Setiap paket berisi beras, minyak goreng, gula pasir, telur dan kecap dengan sasaran masyarakat terdampak pandemi COVID-19. Pelaksanaan penyerahan dilakukan berjenjang dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Salatiga kepada Ketua PKK Kecamatan, kemudian dari Ketua PKK Kecamatan diserahkan ke Kelurahan, untuk diberikan kepada warga yang sudah terdata dan diseleksi oleh Gugus Tugas.