Karang Taruna Harus Berperan Aktif Dalam Pembangunan

Salatiga – Potensi besar yang dimililki oleh pemuda yang ada di dalam Karang Taruna harus diorganisir dengan baik  untuk  membantu pembangunan Kota. Karena bisa menjadi kekuatan besar dalam mendukung pembangunan di semua lini.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto SE., MM usai membuka Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Karang Taruna Kota Salatiga Tahun 2021 di Ruang Kaloka, Gedung Setda Lantai 4, Selasa (28/09/2021).

Menurutnya pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan. Potensi pemuda di Kota Salatiga ini sungguh luar biasa, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, tinggal bagaimana mengajak para pemuda ini untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan yang positif.

“ Data di Kota Salatiga jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) pada semester 1 Tahun 2021, mencapai 138.242 (seratus tiga puluh delapan ribu dua ratus empat puluh dua) jiwa atau 70% dari total jumlah penduduk lebih dari 196.000 (seratus sembilan puluh enam ribu) jiwa. Karena pembangunan pemuda sangat menentukan kesuksesan pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berdaya saing,” kata Yuliyanto.

Wali Kota mengingatkan bahwa potensi para pemuda yang ada di Karang Taruna sangat besar. Mereka  diharapkan bisa menjadi organisasi pemuda terdepan sekaligus motor penggerak pembangunan di wilayahnya, baik tingkat RT/RW maupun tingkat kota.  “ Karang Taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat. Mereka harus berperan aktif dalam pencegahan masalah sosial,” tambahnya