Istri Wali Kota Mendongeng Untuk Kampung Belajar

Istri Wali Kota Ibu Titik Kirnaningsih Yuliynato, SE., terlihat senang dan semangat mendongeng dalam kelas inspirasi “Kampung Kelas Belajar Bersama BBC” RW 06 Prampelan Kelurahan Blotongan, Sidorejo. Sekitar 45 anak ikut senang mendengar cerita “Merpati dan Semut”, di Rumah Dinas Wali Kota, 01/10.

Ketua RW 06 Singgih Nugroho yang juga penangung jawab rombongan menjelaskan bahwa Kampung belajar Bersama BBC Prampelan sangat aktif saat pandemic. “Selama covid ada keterbatasan di masyarakat dalam mengakses pembelajaran. Ini disebabkan kuota, dan tidak dibukanya kelas tatap muka. Maka para pemuda yang tergabung dalam karang taruna bergerak mengoptimalkan kampung belajar  untuk aktivitas belajar anak dengan difasilitasi oleh  RW,” terang Singgih.

“Kali ini sesi pembelajaran adalah Jelajah Rumah Dinas Wali Kota, Pengenalan BCB yang menjadi rumah dinas walikota. Sebagai acara yang tidak kalah penting adalah kelas Ibu Wali Kota mendongeng. Siswa yang hadir adalah anak usia SD sebagian TK. Dulu pak wali yang meresmikan kampung belajar, sekarang ibu wali kota yang mendongeng,” tambahnya.

Dongeng yang dibawakan istri wali kota adalah balas budi sang semut kepada Merpati yang telah menolongnya saat hanyut ke sungai. Burung merpati melihat semut hanyut di sungai, kemudian merpati menolong dengan menjatuhkan daun di dekat semut, akhirnya semut bisa naik ke daun dan selamat. Semut membalas budi dengan menggigit tangan pemburu yang siap menembak merpati, karena teriakan kesakitan pemburu, merpati sadar kalau dalam bahaya dan terbang jauh.

Dalam cerita yang dibawakan oleh “Ibu Walikota” memberikan pesan agar anak-anak membiasakan:  saling bantu-membantu, tolong menolong,  saling berbagi, dan saling menghargai. “Ibu berdoa dan berharap anak-anak nanti jadi anak yang sholeh-sholehah, berbakti pada orang tua, kepada guru, dan nanti sukses,” pesan Titik Kirnaningsih.

“Saya juga sampaikan terima kasih kepada pak RW dan ibu RW, pengurus PKK, anak-anak dan orang tuan yang sudah meluangkan waktu berkunjung ke sini. Silahkan berkeliling di rumah dinas wali kota ini, boleh foto-foto juga,” tambahnya.