BALAIKOTA – Sebagai organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam diharapkan untuk terus meningkatkan kiprahnya di bidang kepemudaan, utamanya dalam memberikan kontribusi pemikiran bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris, SS, MSi saat memberikan sambutan Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dan Korps HMI Wati (KOHATI) Cabang Salatiga Periode 2018-2019 di Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga, Selasa 02/04.

“Banyak cendekiawan muslim, pemikir muda serta politisi terkemuka, yang lahir sebagai dari HMI. Hal ini tidak lepas dari keberadaan HMI sebagai organisasi kemahasiswaan tertua di negeri ini, serta komitmen yang kuat para kader HMI terhadap persoalan keumatan dan kebangsaan. Oleh karena itu, saya berharap agar HMI Salatiga terus meningkatkan kiprahnya di bidang kepemudaan di Kota Salatiga, utamanya dalam memberikan kontribusi pemikiran bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesan Muh Haris.

Wawali memaparkan bahwa pembangunan di Kota Salatiga pada periode pertama fokus pada pembangunan manusia, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan dan UMKM. Sedangkan pada periode kedua lebih fokus pada pembangunan fisik dan penataan wajah kota. Hasilnya adalah penurunan angka kemiskinan menjadi 4,84 (termasuk rendah di Jateng) dan indeks pembangunan manusia (IPM) pada angka 81,68 (termasuk tinggi di Jateng).

Wawali juga berpesan agar HMI turut membantu para pemangku kepentingan di Kota Salatiga agar Kota Salatiga senantiasa aman dan toleran terutama pada waktu menjelang dan pasca pesta demokrasi. “Sekali lagi saya sampaikan selamat atas pelantikan HMI dan KOHATI, dan terimakasih atas peran serta HMI dalam pembangunan Kota Salatiga,” jelas Muh. Haris.

Dalam pelantikan tersebut, Ketua HMI yang dilantik adalah Ahmad Najmi dan Ketua KOHATI adalah Restu Benastuti. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Forkopimda Kota Salatiga, Ketua FKUB Kota Salatiga, Kepala SKPD di Kota Salatiga, Badko HMI Jateng dan DIY, KAHMI Kota Salatiga dan Ketua Organisasi Kepemudaan di Kota Salatiga.(sg)