Guru Harus Melek Teknologi Pendidikan

Salatiga – Sekda Kota Salatiga, Ir Wuri Pujiastuti MM secara resmi membuka diklat Peningkatan Kompetensi Guru di Lingkungan Pemerintah Kota Salatiga Tahun 2021, di Ruang Aula Damarjati Gedung BKPSDM Salatiga, Senin (15/11/2021).

Diklat ini diikuti oleh 30 peserta dari beberapa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Salatiga. Diklat ini dilaksanakan di masa pandemi dan penyelenggaraanya dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Sekda, Diklat ini sangat penting karena perkembangan dunia pendidikan dan teknologi informasi sangat cepat. Sehingga dibutuhkan sebuah diklat atau pelatihan yang dikhususkan untuk kompetensi  guru.

“ Guru sebagai pendidik  menghadapi tantangan yang besar, dalam melaksanakan peran dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, dibutuhkan guru yang berpotensi dan berdaya saing unggul, serta inovatif sehingga sekolah bisa unggul dan berdaya saing,” jelas Wuri.

Perkembangan yang kita ketahui adalah dominasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk didalamnya adalah bidang pendidikan.

“ Mereka harus dibekali dengan tambahan ilmu yang berjenjang. Agar bisa menjadi  sosok panutan yang mampu mendampingi dan memberikan pembelajaran dengan baik. Sehingga materinya  dapat terserap siswa/siswi secara optimal,” imbuhnya.

Wuri menambahkan, bahwa peningkatan kompetensi guru ini menjadi hal yang harus dilakukan terus dan berjenjang. Karena dengan adanya bekal ilmu yang baru nantinya akan  meningkatkan kemampuan guru yang profesional. “ Saya mengajak para bapak dan ibu guru di sini agar mau kreatif, terus berinovasi dari hasil diklat nanti. Sehingga dalam hal mengajar anak-anak akan semakin baik. Harus mau memanfaatkan teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Terus semangat,” pungkas Dia.