BALAIKOTA – Meriah. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan suasana kegiatan Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) di Kompleks Pemkot Salatiga. Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM pada Sabtu 20/07 tersebut diramaikan oleh setidaknya 1.200 peserta lomba.

Dalam sambutannya Walikota berpesan agar para peserta yang sebagian besar adalah siswa SD/MI untuk mengikuti FORDA dengan penuh kegembiraan. “Bukan soal menang atau kalah, yang paling penting adalah bagaimana kalian semua bisa bergembira bersama, bekerja sama dengan penuh keceriaan melalui kegiatan olahraga rekreasi ini,” kata Walikota.

Yuliyanto menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Salatiga melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dalam membangun manusia yang sehat. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Salatiga ini termasuk tertinggi di Jawa Tengah. Ini merupakan kerja keras kita semua, dan salah satu upaya untuk terus meingkatkannya adalah melalui kegiatan olahraga rekreasi ini,” urai Walikota sebelum membuka kegiatan secara resmi dengan melepaskan burung merpati bersama Wakil Walikota, Sekretaris Daerah dan Forkopimda Kota Salatiga.

Dalam laporan Ketua Panitia Kegiatan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Salatiga, Drs. Joko Haryono dijelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pemasyakatan, pembudayaan, pelestarian serta pengembangan olahraga rekreasi.

Joko Haryono menyebutkan bahwa FORDA mempertandingkan 5 nomor lomba antara lain drumblek, dagongan, terompah panjang (bakiak), estefet egrang dan senam tera. “Drumblek diikuti 7 regu, dagongan 11 regu, egrang 47 regu, terompah panjang 95 regu dan senam tera 20 regu. Total peserta adalah 1.210 orang,” urai Kadinas Pemuda dan Olahraga ini.

Salah satu pelatih lomba egrang yang merupakan Guru Olahraga SD N Tingkir Lor 2, Zumroni menyebutkan bahwa para siswanya sangat senang mengikuti kegiatan olahraga rekreasi tersebut. “Alahamdulillah para siswa sangat bersemangat dalam mempersiapkan lomba engrang. Kami latihan intensif kurang lebih selama satu minggu untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama regu,” pungkas Zumroni. (sg)