Donor Darah Warnai Perayaan May Day di Kota Salatiga

Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2021, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), BPJS Ketenagakerjaan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Serikat-Serikat Pekerja menggelar aksi donor darah. Dr. H Muh Haris, SS, M.Si, selaku Wakil Wali Kota Salatiga dan Ketua PMI Kota Salatiga memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan donor darah yang berlangsung di markas PMI Salatiga tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Salatiga, karena selama Pandemi COVID-19 kondisi stok darah di PMI Kota Salatiga cenderung menipis. 
Dampak Pandemi COVID-19 selama 1 tahun belakangan juga sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, yang hingga pada kwartal pertama Tahun 2021 ini situasi ekonomi secara nasional belum membaik, dan masih di angka -5,3 %. Begitu pula dengan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah yang berada di angka -2,3 % dan di Salatiga -1,6 %.

“Untuk pertama kali dalam sejarah, pertumbuhan ekonomi di Kota Salatiga berada pada posisi negatif yang sangat berpengaruh bagi para pengusaha dan pekerja. Dalam situasi yang sangat memprihatinkan, kegiatan donor darah ini menjadi sesuatu yang sangat positif, jika dibandingkan dengan daerah lain yang mengisi May Day dengan turun ke jalan, tentu dirasa kurang pas di masa pandemi dan bulan puasa seperti ini,” terang Muh Haris saat membuka Kegiatan Donor Darah dalam Rangka Hari Buruh Internasional, Sabtu (01/5/21). Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota menerima 50 paket sembako dari BPJS Ketenagakerjaan untuk dibagikan kepada para pekerja.

Sebagaimana disampaikan Suyanto selaku perwakilan dari asosiasi-asosiasi pekerja di Kota Salatiga, terdapat 50 peserta donor darah yang siap menyumbangkan darahnya meskipun dalam suasana keprihatinan Pandemi COVID-19. Slogan PMI ‘Setetes Darah Anda Bukti Cinta kepada Sesama’ mengobarkan semangat para pekerja dan pengusaha di Kota Salatiga tetap melaksanakan donor darah di Hari Buruh Internasional tersebut.