BALAIKOTA – Untuk lebih memasyarakatkan kebiasaan mengonsumsi ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Salatiga dan Tim Penggerak PKK Kota Salatiga menggelar Sosialisasi Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Tahun 2019 di Pendopo Pakuwon Pemkot Salatiga, Rabu 07/08.

Kegiatan yang diikuti oleh setidaknya 100 orang dari TP PKK kelurahan hingga kecamatan di Kota Salatiga ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Salatiga, Ny. Titik Kirnaningsih Yuliyanto. Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Salatiga berharap agar PKK dari tingkat kecamatan hingga tingkat dasawisma dapat turut mengampanyekan gemarikan.

Ny. Titik Kirnaningsih mengingatkan akan pentingnya makan ikan terutama bagi anak-anak. “Ikan mempunyai gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Berbagai jenis ikan bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein, selain dari daging ayam dan daging sapi. Misalnya ikan lele, nila, patin, atau ikan laut, ikan kembung hingga ikan tongkol juga bisa menjadi pilihan karena harganya yang masih terjangkau,” ujar Ketua TP PKK Kota Salatiga.

Ia menambahkan bahwa peran ibu-ibu dalam menentukan menu makanan di rumah turut menentukan suksesnya gemarikan. “Karena strategisnya peran tersebut, maka saya minta kepada ibu-ibu PKK untuk menularkan kampanye ini kepada lingkungan sekitar, hingga tingkat dasawisma supaya benar-benar bisa dilaksanakan di tingkat keluarga,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan dalam laporan Ketua Panitia Kegiatan, Kepala Bidang Usaha dan Pengembangan Komoditas pada Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jateng, Ir. Sri Astuti, M.Si. Ia menjelaskan bahwa kampanye gemarikan sengaja melibatkan ibu-ibu PKK karena peran mereka sangat strategis.

Ia menjelaskan bahwa selain Ketua TP PKK Kota Salatiga, turut hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut antara lain: Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah, SKM, M.Kes, dan Guru Boga SMK N 1, Siti Zuhriah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Salatiga, Ir. Mustain dan pejabat terkait menyerahkan seminar kit secara simbolis kepada perwakilan peserta.(sg)