Di Tahun Kedua, Penyusunan LPPD dan LKPJ Harus Disusun Cermat

Salatiga – Wali Kota Salatiga mengajak tim penyusun dan kelompok kerja Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali kota agar terus memiliki kesepahaman dan pola pikir yang sama. Penyusunan laporan ini  sudah memasuki tahun kedua pelaksanaan dan harus disusun dengan cermat.

“ Penyusunan dapat dilakukan dengan baik dan tepat waktu, tahun ini adalah tahun kedua diberlakukannya peraturan Kemendagri No 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2019 tentang Pelaporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Tentunya bapak ibu semakin paham tentang sistematikanya, karena ini sudah tahun kedua pelaksanaan,” kata Yuliyanto saat membuka Sosialisasi Penyusunan LPPD dan LKPJ tahun 2021 di Ruang Plumpungan, Gedung Setda Lantai IV, Senin (22/11/2021).

Dirinya mengatakan, bahwa  di dalam laporan LPPD dan LKPJ tersebut terdapat cerminan kinerja dan hasil penyelenggaraan pemerintahan daerah, tidak hanya sekedar angka dan huruf di atas kerja saja, melainkan cerminan kinerja dan upaya dalam menjalankan pemerintah.

“ Agar catatan kinerja dalam laporan tersebut dapat dibuat dengan baik dan terdokumentasi dengan baik pula. Penyusunan LPPD dan LKPJ dapat tepat waktu sehingga efektivitas dalam penyusunannya.,” jelasnya.

Wali Kota menambahkan bahwa kegiatan ini adalah tahap awal dari serangkaian tahapan penyusunan LPPD dan LKPJ Wali Kota tahun 2021 pada tahun 2022 mendatang. “ Saya berharap, yang mengikuti sosialisasi ini bisa bersungguh-sungguh. Dimana di dalamnya tidak hanya  sebagai wadah untuk bertukar informasi saja namun sebagai  sarana mencari solusi atas berbagai permasalahan yang muncul,” tambah Yuliyanto.