Kegiatan Lomba Kebersihan yang digelar oleh Kecamatan Tingkir adalah wujud apresiasi pemerintah kepada masyarakat dalam menjaga lingkungannya agar tetap bersih. Demikian terang Camat Tingkir Nunuk Dartini di Kantornya saat pemberangkatan tim Juri ke lokasi penilaian, 22/4.

“Masing-masing kelurahan mengutus perwakilan sejumlah 3 RW, kecuali Kelurahan Kalibening yang hanya memiliki 2 RW, guna mengikuti lomba kebersihan tingkat kecamatan. Hari ini tim juri dijadwalkan menilai perwakilan Kelurahan Tingkir Tengah yang memilih RW 9, RW 7 dan RW 4 untuk dinilai, “ terang Nunuk Dartini.

Tim juri lomba kebersihan terdiri dari TP PKK Kota, Dinas Perkim, Dinas Lingkungan Hidup, Puskesmas Sidoerjo Kidul, dan Humas. Sementara penilaian selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 23 April untuk Kelurahan Kutowinangun Lor dan Kutowinangun Kidul, tanggal 24 Kelurahan Kalibening dan Kelurahan Sidorejo Kidul, dan hari terakhir tanggal 25 April penilaian dilaksanakan di Kelurahan Gendongan dan Kelurahan Tingkir Lor.

Setiap RW ternyata memiliki keunggulan dan strategi masing-masing dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih. Seperti RW 9 Tingkir Tengah yang memiliki program rutin lomba kebersihan di tiap RT, RW 7 memaksimalkan warga untuk mengelola sampah mandiri, dan RW 4 memiliki program penyadaran warganya untuk tidak buang sampah sembarangan.