Beri Virus Positif Untuk Cegah Kekerasan

Salatiga – Guru dituntut menjadi individu yang paham akan pemanfaatan teknologi informasi guna mendukung proses pembelajaran anak didiknya. Dengan pendidikan yang baik diharapkan akan mampu mencetak generasi unggul dan mencegah adanya kekerasan.

“Guru menjadi sosok penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Meskipun dunia teknologi berkembang, guru harus terus belajar membekali diri dengan ilmu baru dan update,”kata Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, SS.,Msi saat membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Abad 21,  di Ruang BKDIklatda Kota Salatiga, Senin (24/02).

Dirinya menyampaikan rasa bangganya saat berkumpul dengan para guru. Karena di tangan para pendidik ini akan menciptakan generasi penerus yang benar berkualitas. Guru harus menjadi pemberi informasi yang baik ke murid-muridnya.

“Tidak semua guru itu hebat, tapi semua orang hebat terlahir dari seorang guru. Kelas yang baik ternyata bermula dari seorang guru yang hebat. Virus positif harus kita terapkan ke siswa, beri pembelajaraan yang baik dan cegah adanya kekerasan, ” tandas Muh Haris.

Kepala BKDiklatda Drs. Muthoin, Msi menyampaikan bahwa diklat  tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di semua jenjang baik sekolah dasar, SMP, dan SKB. Beberapa tingkatan ini diberikan guna memberikan perataan terhadap pendidikan berjenjang dan mengikuti perkembangan teknologi.

“Semoga mereka bisa mengikuti diklat ini dengan baik. Adapun 90 peserta yang ikut berasal dari perwakilan guru dari tingkat SD, SMP, dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Lingkungan Pemerintah Kota Salatiga. Mereka akan dibagi menjadi 2 angkatan dan masing-masing angkatan akan mengikuti dalam waktu 10 hari kerja,”bebernya.

Materi yang disampaikan dalam diklat ini diantaranya adalah mengenai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Anti Korupsi, manajemen ASN, Pengelolaan BOS, implementasi Dana BOS, Kebijakan Pemerintah Daerah di Bidang Pendidikan, Sistem Penjaminan Mutu Internal, serta Pengembangan Kompetensi kepribadian dan Sosial Pendidik. Mereka akan didampingi pengajar yang berasal dari LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Jawa Tengah, Inspektorat Kota Salatiga, BKDiklatda (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah) Kota Salatiga, dan Dinas Pendidikan Kota Salatiga.