Ajak Milenial Belajar Sejarah, TNI AL dan Tempo TV Inisiasikan Ekspedisi Maritim

Bagikan

Salatiga memiliki beberapa julukan nama kota yang menggambarkan keanekaragaman di daerah tersebut. Julukan yang ditujukan kepada Salatiga diantaranya Kota Toleransi, City of Harmony, The Romantic City dan masih banyak lagi. Bahkan tidak sedikit yang menyebut bahwa Kota Salatiga adalah Kota Sejarah. Hal itu karena Salatiga merupakan daerah yang menjadi saksi kelahiran tiga pahlawan nasional. Ketiga pahlawan tersebut adalah Laksamana Muda Udara Anumerta Agustinus Adisutjipto (AU), Brigadir Jenderal Soediarto (AD), dan Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso (AL). Berkaitan hal tersebut, TNI Angkatan Laut yang bekerja sama dengan Tempo TV mengunjungi Salatiga untuk melakukan ekspedisi maritim.

Bertempat di Gedung Papak Pemkot Salatiga, Rabu (28/9) Pj. Wali Kota, Forkopimda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Disbudpar beserta jajaran menerima ekspedisi maritim yang digawangi oleh Kolonel laut (K.H) Drs. Paseh Mawardi (ketua rombongan) didampingi Pangkalan TNI AL Semarang. Menurut ketua rombongan, tujuan dilakukannya ekspedisi adalah untuk memberikan edukasi kepada generasi milenial agar mengetahui bahwa Indonesia itu merupakan bangsa maritim yang kuat. “Dengan diadakan ekspedisi maritim ini yang akan ditayangkan di Tempo TV, Majalah maupun di TV Angkatan Laut, mudah-mudahan bisa mengedukasi kepada kaum milenial bahwa kita itu adalah bangsa maritim, bangsa maritim yang sangat kuat”.

Rute ekspedisi tersebut, diawali dari Jakarta menggunakan KRI Dewaruci ke daerah Cirebon, dilanjutkan jalur darat ke Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang dan hari ini di Salatiga. Terdapat tiga konten yang akan diangkat, yaitu sejarah Angkatan Laut, sejarah maritim, dan potensi maritim. Kedatangan tim ekspedisi maritim di Salatiga ke Gedung Papak, Rumah Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso (Jl. Gladakan No. 799 C) dan ke Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS).

@jokowi
@kemendagri
@ganjar_pranowo
@sinung_rachmadi
@lanal_semarang
@tempodotco
@ekspedisimaritim