50 pelaku UMKM terima Sertifikat Hak Atas Tanah

Bagikan

Salatiga – Wali Kota Salatiga, Yuliyanto memberikan legalitas aset (sertifikat) kepada 50 pelaku UMKM yang ada di Salatiga. Adanya legalitas secara formal ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan dari para pelaku UMKM.

 “ Ini adalah upaya untuk mensejahterakan masyarakat kota Salatiga dalam rangka untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi. Diharapkan pemberian sertifikat  akan  menghidupkan kembali ekonomi kerakyatan,” kata Yuliyanto di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (03/02/2022).

Dirinya menambahkan bahwa  adanya Legalitas aset (sertifikat) bagi UMKM tersebut nantinya akan memberikan jaminan kepastian hak atas tanah dan memecah sengketa tanah.

“ Semoga bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan. Pemberian kepada para pelaku Usaha Mikro yang mendapatkan hak atas tanah dapat digunakan dengan baik, bisa untuk modal usaha dan dapat digunakan untuk memperbesar usaha UMKMnya miliknya,” tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (DinkopUKM) Salatiga, Rochadi mengatakan bahwa program Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) ini secara nasional hanya ada 4 daerah yakni Salatiga, Manado, Bekasi dan Cimahi. Program SHAT ini merupakan program kemitraan antara pemerintah kota dan BPN. “ Terima kasih sudah memproses sertifikat ini dengan baik dan legal, hal ini merupakan legalitas formal untuk para pelaku UMKM untuk  menghindari dan mencegah adanya sengketa atas tanah,” ujar Rochadi