32 Anggota Tim Sibat Ditempa Pembuatan Eco Enzyme

Salatiga – 32 orang anggota Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Se-Kota Salatiga mengikuti KBBM Pelatihan  Pembuatan Eco Enzyme yang berasal dari bahan sampah organik rumah tangga yang diolah menjadi bahan yang bermanfaat.

Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM) merupakan program  pemberdayaan masyarakat kapasitas masyarakat untuk mengambil tindakan inisiatif dalam mengurangi dampak bencana yang terjadi. Dimana kegiatan ini akan bisa mengoptimalkan semua potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat untuk bersama-sama dalam  melindungi kehidupan di lingkungan sekitar.

“ Tim Sibat adalah warga masyarakat yang menyatakan diri sebagai TSR atau relawan PMI yang melakukan kesiapsiagaan dan tanggap bencana. Mereka dilatih untuk mengolah bahan sampah organik menjadi hasil olahan yang bermanfaat. Mohon diikuti dengan baik, dan bisa diterapkan di lingkungan masing-masing,” jelas Wakil Wali Kota Salatiga Dr. Muh Haris SS., Msi usai membuka Pelatihan Pembuatan Cairan Eco Enzyme, di Kantor PMI Kota Salatiga, Rabu (29/09/2021).

Adanya KBBM tersebut, Menurutnya akan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana.

“ Di masa pandemi semua berperan, tim Sibat harus bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa mengolah sampah organik  rumah tangga menjadi bahan bermanfaat sebagai bahan  desinfektan mandiri sebagai cara untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan rumah tangga,” tambah Wawali. Sebagai informasi Eco Enzyme atau Garbage Enzymes adalah cairan yang didapat dari fermentasi sampah organik rumah tangga dengan mempercepat reaksi bio kimia sehingga hasil olahan dari sampah tersebut bisa digunakan dan bermanfaat. Seperti  bahan desinfektan alami, handsanitiser, pupuk organik, obat luka, sebagai pembersih udara dari virus, sebagai cairan pembersih.