3 Jangkar Untuk Mitigasi Bencana

Salatiga- Tiga elemen yang ada dalam Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  harus menjadi bagian yang bisa hadir dan mengayomi masyarakat. Mereka harus bersama-sama membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kerawanan bencana.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Salatiga, Yuliyanto saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-70, Ulang Tahun Perlindungan Masyarakat ke-58 dan peringatan Hari Ulang Tahun ke-101 Pemadam Kebakaran(Damkar) dan Keselamatan di Halaman Kantor Setda Kota Salatiga, Senin (09/03). Menurutnya, tugas dari masing-masing komponen tersebut harus bisa dikerjakan dengan baik, terlebih  berkaitan dengan pelayanan untuk masyarakat.

“Mereka selalu hadir sebagai garda terdepan saat penanganan bencana dan penegakan penertiban di masyarakat, tanpa mengenal lelah.  Kalau pemadam harus bekerja 24 jam dengan potensi kerawanan yang bisa saja muncul dan mereka harus siap,”kata Yuliyanto.

Tiga kekuatan yang ada di dalam Satpol PP Salatiga  yakni Satpol PP sendiri dilengkapi dengan Linmas dan Damkar bisa menjadi jangkar untuk memitigasi adanya kerawanan maupun bencana alam yang terjadi.

“Ketiga unsur ini bisa menjadi jangkar, kekuatan, untuk bersama-sama membangun kesiapsiagaan dari masyarakat Salatiga,”tutur Walikota.

Yuliyanto juga memberikan apresiasi untuk pemadam kebakaran. Para petugas menurutnya harus memiliki dedikasi tinggi untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan beradab.

“Petugas pemadam kebakaran bukan cita-cita melainkan sebuah panggilan hati. Dalam menjalankan tugas harus selalu ikhlas dan sabar. Mereka harus bisa meningkatkan kemampuan diri dan disiplin. Hal ini butuh konsistensi berkelanjutan,”jelasnya.

Selanjutnya, Dirinya berpesan bahwa peringatan ini dijadikan sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian para aparatur negara untuk penertiban, perlindungan masyarakat, dan peningkatkan profesionalisme untuk pelayanan ke masyarakat.

“Utamakan kepetingan masyarakat diatas kepentingan pribadi. Jalankan tugas sebaik-baiknya. Saya beri apresiasi hadirnya mereka ditengah masyarakat dengan tidak mengenal waktu libur dan tanpa mengenal lelah,”terang Yuliyanto.