BALAIKOTA – Sebanyak 196 Jamaah Calon Haji Kota Salatiga 1440 H/Tahun 2019 memenuhi Ruang Kaloka Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga untuk melaksanakan pamitan haji. Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM, Forkopimda Kota Salatiga, Kepala SKPD, camat dan lurah ini dilaksanakan pada Selasa 16/07.

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan selamat kepada jamaah calon haji Kota Salatiga yang akan segera berangkat ke tanah suci tersebut. Walikota juga mendoakan agar Allah SWT meridhoi perjalanan ibadah para jamaah, agar dapat menunaikan rukun Islam yang kelima, dengan khusuk dan ikhlas, serta dapat memperoleh predikat mulia sebagai haji yang mabrur.

Walikota mengatakan bahwa ibadah haji harus menjadi pintu gerbang awal menuju ibadah dan pembinaan kesalehan sosial lainnya. “Haji bukanlah suatu gengsi maupun prestasi sosial, melainkan bagaimana meningkatkan kualitas kemanusian seutuhnya,” kata Walikota.

Ia menyebutkan bahwa haji yang mabrur adalah haji yang tidak peduli simbol-simbol budaya pencitraan dan yang mengindividu, melainkan sebuah dorongan murni peningkatan kualitas kemanusiaan seseorang baik secara individu maupun sosial.

Kepada para petugas petugas atau pendamping, Walikota berpesan agar mereka memiliki sikap dan tindakan proaktif utamanya dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji. “Laksanakan tugas dengan ikhlas, ramah dan sopan serta penuh tanggung jawab. Hal ini akan membawa suasana kondusif, sehingga jamaah calon haji dapat melaksanakan ibadah dengan lancar,” pesan Walikota.

Sementara itu dalam laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Drs. Nurudin, M.PdI disampaikan bahwa 196 calon haji tersebut termasuk 3 orang tim pemandu haji daerah (TPHD). “TPHD terdiri atas Kyai Nashir Asy’ari, KH. Muh Imron Al Hasbi, M.Pd dan dr Endang Sri Artati,” jelas Nurudin.

Kepala Kemenag menguraikan bahwa Jamaah Kota Salatiga masuk dalam kloter 81 sebanyak 190 jamaah dan 6 orang masuk kloter terakhir atau sapu jagad. Kloter 81 dijadwalkan diberangkatkan oleh Walikota Salatiga pada Selasa 30 Juli 2019 pukul 05.00 pagi dan masuk Asrama Haji Donohudan pukul 08.00, sedangkan kloter sapu jagad dijadwalkan masuk Asrama pada Hari Minggu 4 Agustus 2019 pukul 06.00.

Adapun komposisi jamaah Kota Salatiga tahun ini adalah jamaah haji laki-laki sebanyak 90 dan perempuan sebanyak 106 jamaah. Dari sisi profesi, jamaah Kota Salatiga didominasi oleh PNS/BUMN/BUMD yaitu sebanyak 67 atau 34%, terbanyak ke dua adalah Ibu Rumah Tangga yaitu sebanyak 45 atau 23%. Jamaah Kota Salatiga termuda adalah Adib Faizal Helmi (25) sedangkan jamaah tertua adalah Harjo Ngadimin Maduri (98).

Bertidak selaku penceramah dalam pamitan haji tersebut adalah KH. Drs. Noor Rofiq.