SALATIGA – Sebanyak 170 sopir/awak angkutan umum di Kota Salatiga mengikuti Penyuluhan Juru Mudi/Sopir Tahun 2019. Kegiatan yang diampu oleh Dinas Perhubungan Kota Salatiga ini dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Salatiga, Selasa 19/03.

Dalam sambutannya Walikota mengajak para awak angkutan umum untuk senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen atau masyarakat pengguna jasa. “Masyarakat pengguna jasa tentu saja menginginkan angkutan yang aman dan juga nyaman. Oleh karena itu mari senantiasa memberikan pelayanan yang baik, baik dari segi keamanan dan juga kenyamanan,” kata Yuliyanto.

Walikota juga menyampaikan rasa terimakasih kepada para awak angkutan di Kota Salatiga yang telah berperan dalam menjaga ketertiban di Kota Salatiga, terutama di jalan. “Predikat sebagai Kota Toleran ini menunjukkan bahwa kondusifitas kota tercinta kita ini baik. Hal ini merupakan tak lepas dari peran seluruh warga Kota Salatiga termasuk para awak angkutan, yang telah turut serta menjaga ketertiban kota, terutama di jalan,” jelas Walikota.

Hal senada juga disampaikan dalam laporan kegiatan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Salatiga, Adi Wibowo. Ia menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan awak angkutan umum dalam tertib berlalu lintas dan meningkatkan keselamatan bagi penumpang. “Kegiatan ini memberikan bekal bagi para awak angkutan umum Kota Salatiga akan pentingnya tertib berlalu lintas dan resiko jika melanggara aturan tersebut,” bebernya.

Dinas Perhubungan Kota Salatiga menghadirkan narasumber dari Sat Lantas Polres Salatiga dengan materi Disiplin Berlalu Lintas di Jalan, Jasa Raharja Semarang dengan materi Sosialisasi UU No 33 dan 34 Tahun 1964, dan dari Dishub Kota Salatiga dengan materi Keselamatan Dalam Berkendara dan juga Peremajaan Kendaraan Bermotor.

Adapun peserta terdiri dari awak angkutan umum jurusan Salatiga – Beringin, Salatiga –  Ungaran, Salatiga – Sruwen, Salatiga – Kopeng, Salatiga – Banyubiru, PO Safari, AN Tour, Galaxy Taksi, PT. Permata Adelia dan Angkutan Kota Salatiga.(sg)