Balaikota – Pegawai ASN yang telah masuk purna tugas harus siap menjadi individu yang tangguh saat mereka kembali ke dalam masyarakat. Mereka diharapkan untuk  terus berinovasi dan bekerja setelah mereka  menanggalkan tugas kedinasannya.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Salatiga Yuliyanto, SE., MM saat menjadi pembina apel pada pelepasan purna tugas pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkungan pemerintah kota Salatiga Tahun 2018,  di Halaman Balaikota Pemerintah Kota Salatiga, Senin (30/4). Menurutnya, apel yang dilakukan hari ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah kota Salatiga kepada PNS yang purna tugas yang telah berhasil melaksanakan tugas dan kewajibannya  dengan baik. Meskipun purna tugas, ibu bapak bisa terus berinovasi dan berkarya ke dalam kehidupan bermasyarakat.

“ Kepada ibu dan bapak para ASN yang purna tugas dari formal kedinasan. Saya sampaikan terima kasih atas dedikasinya. Semoga bapak ibu selalu diberikan kesehatan dan keselamatan untuk mengabdi kepada masyarakat dan bangsa. Saya menyadari bahwa keberhasilan dan penghargaan yang telah dicapai kota Salatiga adalah tidak terlepas dari peran serta pengabdian bapak ibu sekalian,” Kata Yuliyanto.

Lanjutnya, bagi ASN yang pensiun terhitung sejak tanggal 1 Mei 2018 harus terus mengembangkan diri, tetap bersosialisasi dalam bermasyarakat, agar rutinitasnya tidak langsung berhenti, tetapi bisa berkelanjutan di bidang yang ditekuni dan disenangi.

“ Sekali lagi selamat kepada ibu bapak yang purna tugas. Kegiatan kedinasan sudah diakhiri dengan baik, penuh dedikasi, tanggungjawab, loyalitas tinggi dan berprestasi. Tidak berhenti disitu saja, bapak ibu harus terus berkarya dalam bermasyarakat,” Tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Yuliyanto juga menyerahkan kenang-kenangan berupa gambar karikatur kepada ASN yang akan pensiun yakni Dra. Endang Dwi Widyaningsih, M.Pd yang menjabat  sebagai Staf Ahli Walikota Bidang Hukum dan Pemerintahan, kemudian Niken Lidiastuti, SH, MH sebagai Kepala Dinas Pendidikan, dan Bapak Ririk Basuki Riyadi, SH sebagai Kabid Pedagang Kaki Lima pada Dinas Perdagangan Kota Salatiga.

Niken Lidiastuti, SH, MH yang mewakili ASN yang purna tugas menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf kepada pemerintah kota Salatiga atas kerja dan kinerjanya selama ini di pemerintah kota Salatiga. Menurutnya, meskipun telah memasuki masa pensiun akan tetapi dirinya beserta para pejabat ataupun ASN yang purna tugas masih bisa bertatap muka dan bertemu di masyarakat dalam berbagai kegiatan.

“ Saya bekerja dan telah mengabdi selama 32 tahun, ada senang dan susahnya. Meskipun ada rintangan dan halangan,  itu saya jadikan dinamika dalam bertugas. Sudah hampir delapan periode walikota saya ikuti mulai walikotanya bapak Joko Santoso, BA sampai bapak Yuliyanto ini. Saya mengajak untuk terus  bersama-sama melanjutkan perjuangan dan mengabdi kepada negara dengan penuh semangat,” Pintanya.

Dirinya juga mengajak untuk selalu bersikap baik dan jujur dalam menyelesaikan pekerjaan, baik  yang menyangkut kedinasan maupun diluar urusan dinas. Karena sikap jujur ini sangat penting dan menjadi dasar atas kinerja sebuah pegawai demi kemajuan pemerintah kota Salatiga.

“ Saya ingatkan untuk jujur dalam bekerja, karena hal tersebut sangat penting untuk menjaga kinerja ASN kita, karena lisan dan tingkah laku kita akan kita pertanggungjawaban  kepada Tuhan YME nantinya,” Tambahnya.