Salatiga – Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM menjadi Irup Peringatan HANTARU (Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional) tahun 2019 di Halaman Kantor BPN Kota Salatiga, Selasa (24/9). Dirinya mengajak agar kualitas pelayanan pertanahan dan tata ruang  di kota Salatiga terus ditingkatkan.

Dalam kesempatan ini, Walikota membacakan Sambutan Menteri Agraria dan Tata ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional  pada upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2019. Disebutkan bahwa penataan ruang dan pelayanan pertanahan yang ada harus ditingkatkan kualitasnya. Karena dengan adanya kualitas yang baik disertai pelayanan yang baik maka pengelolaannya juga akan maksimal.

“Diharapkan akan menjadi pengingat dan penyemangat untuk meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan dan tata ruang secara modern serta menjamin kepastian hukum nantinya,”kata Yuliyanto.

Sementara itu, dijelaskan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara tepat dan transparan, Kementrian Agraria dan Tata Ruang /BPN juga telah menggagas program transformasi digital. Dimana layanan pertanahan tersebut dapat diakses oleh masyarakat secara elektronik dari mana saja sehingga menjadi efektif, efisien, dan transparan.

“Saat ini sudah ada empat layanan elektronik yakni hak tanggungan, layanan informasi, zona nilai tanah, surat keterangan pendaftaran tanah dan informasi  bidang tanah. Hal ini menjadi terobosan baik dan sudah mulai bisa diakses masyarakat, sehingga perlu dicontoh di Kota Salatiga dan menjadi acuan yang baik, ”jelasnya.

Di dalam peringatan kali ini, juga diberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada pegawai di Kantor Pertanahan Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah. Diantaranya Sartomo, Sukirna dan Sri Partini masing-masing dari bagian pengadministrasi, Didik Handoko Kasubsi pendaftaraan hak tanah, Pria Sembada Kasubsi pengendalian pertanahan dan Dayah Purnamawati Kaur keuangan dan BMN pada Kantor Pertanahan Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, juga diberikan penghargaan dari BPN Kota Salatga kepada Polres Salatiga karena sudah dapat membonggar mafia sertifikat tanah di Kota Salatiga, kemudian penyerahan sertifikat aset pemerintah Kota Salatiga kepada Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Salatiga, Dra Gati Setiti M Hum,  lalu penyerahan sertifikat kepada PDAM dan warga Salatiga Slamet Raharjo.

“Selamat buat para penerima penghargaan, semoga bisa bermanfaat dan digunakan sebaik-baiknya,”pungkas Yuliyanto.