Salatiga – SMPN 1 Salatiga diharapkan akan terus mencetak prestasi baik akademik maupun non akademik di tahun mendatang. Torehan ini agar bisa memotivasi sekolah lain untuk berprestasi serupa.

“ SMPN 1 Salatiga telah memulai karyanya dengan banyak berprestasi di beberapa kegiatan. Hal ini memberikan contoh baik kepada sekolah lain atas raihan tersebut. Saya dorong untuk guru dan siswa siswinya mampu untuk terus berprestasi di bidang akademik dan non akademik,” Jelas Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM saat memberi arahan di  hadapan guru dan siswa SMPN 1 Salatiga, Senin (21/1).

Yuliyanto yang menjadi inspektur upacara di SMP N 1 Salatiga menjelaskan  bahwa dirinya mengaku senang atas prestasi yang didapatkan sekolah ini. Karena akan memberikan dampak positif terhadap sekolah itu sendiri dan sekolah lain di kota Salatiga. Diakuinya, bahwa capaian tersebut tidak terlepas dari hasil kerja keras semua guru, karyawan dan siswa SMP N 1 ini.

“ Di dalam dunia pendidikan, Saya tekankan untuk tidak hanya menjadi tempat transfer ilmu pengetahuan saja melainkan sebagai lembaga pendidikan dalam membentuk siswa yang berkarakter dan mampu menyikapi segala perubahan zaman,” Ungkapnya.

Selain itu, Orang nomor satu di kota Salatiga ini juga merasa bangga atas digelarnya launching hasil karya dari guru maupun siswa SMP N 1 Salatiga. Hal ini juga sangat mendukung kreativitas, dan bisa dilihat dari banyaknya piala dan penghargaan yang diraih oleh sekolah tersebut.

“ Saya sangat mengapresiasi hasil karya mereka dan selamat bisa mendapatkan lebih dari 150 piala, ini diraih dari penghargaan baik hasil karya tulis maupun inovasi lainnya. Hal ini akan menjadi bukti bahwa kota Salatiga memiliki lembaga pendidikan  dengan generasi penerus yang cerdas dan inovatif,” Tegasnya.

Dirinya juga mengajak untuk selalu memberikan dan mengamalkan ilmu dan kemampuan yang kita miliki untuk membantu orang lain di sekitar kita.

Sementara itu, Wartono Kepala Sekolah SMPN 1 Salatiga menambahkan bahwa penghargaan ini berasal dari siswa yang berprestasi dari beberapa kegiatan tingkat daerah maupun nasional. Tahun 2018 lalu, siswa siswi dari SMPN 1 Salatiga ini berhasil menjuarai 72 item kejuaraan dan mendapatkan  128 tropi.

“ Memotivasi sekolah lain setidaknya SMPN 1 siap untuk menampung sebagai sekolah rujukan,  daripada  keluar daerah lebih baik bisa belajar ke sini saja, “ Ungkapnya.