Lapangan Pancasila – Menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih menjadi tanggung jawab kita  bersama. Hal ini perlu didukung adanya perilaku positif dan sadar akan kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

“ Bapak dan ibulah yang menjadi ujung tombak berperilaku bersih di lingkungan terkecil dalam masyarakat. Baik yang tergabung dalam kelurahan siaga, hal ini tidak terlepas dari kontribusi dari kader-kader lain seperti posyandu, pkk, maupun lansia yang turut serta,” Ujar Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE., MM yang didampingi Ketua Tim penggerak PKK Kota Salatiga, Ibu Titik Kirnaningsih Yuliyanto saat membuka kegiatan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Kota Salatiga 2018 di lapangan Salatiga, Jumat (11/5).

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif karena bisa menggerakkan warga kota untuk berperilaku hidup sehat. Lanjutnya, hidup yang sehat akan menambah usia kita, mempertinggi Indek Pembangunan Manusia(IPM) kota dan umur harapan hidup akan tinggi.

“ Mudah-mudahan kegiatan ini akan menggerakkan masyarakat untuk mau hidup dengan berperilaku hidup sehat dalam kesehariannya. Perilaku yang positif harus dilakukan masyarakat Salatiga untuk menuju kota yang sehat. Ngono wae yo,” Imbuhnya.

Lanjutnya, Walikota bersama forkopimda, OPD, staf ahli, dan camat serta lurah Se-Kota Salatiga menandatangani Komitmen bersama gerakan Germas Kota Salatiga 2018. Selain itu, juga dilakukan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarang. Deklarasi ini diikuti oleh para lurah dari 6 kelurahan di Kota Salatiga. Kelurahan yang turut serta yakni kelurahan Gendongan, Sidorejo kidul, Kalibening, Dukuh, Kecandran, dan Kelurahan Blotongan. Namun demikian, ada sebanyak 11 kelurahan yang belum mendeklarasikan gerakan tersebut.

Dalam kegiatan ini, selain pelaksanaan komitmen gerakan Germas bersama yang didikuti oleh puluhan warga Salatiga dan penandatanganan ODF juga dilakukan senam bersama dari perwakilan masyarakat dari 4 kecamatan di Kota Salatiga. Selain itu, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan makan buah dan sayur bersama juga dilakukan di stan yang telah disiapkan oleh panitia.