Balaikota – Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Salatiga untuk bersama-sama menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) Pemkot Salatiga. Hal tersebut disampaikan Wawali saat membuka kegiatan Workshop Pasca Millenium Development Goals (MDGs) atau tujuan pembangunan milenium di Gedung Setda Kota Salatiga, Selasa 26/09.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Salatiga tersebut menghadirkan 60 peserta dari seluruh OPD dan seluruh kelurahan di Salatiga.

Wakil Walikota menyampaikan bahwa salah satu yang menyita perhatiannya adalah tingginya angka pengangguran di Kota Salatiga. “Salah satu PR yang cukup menyita perhatian adalah angka pengangguran yang mencapai 6 ribu. Saya mengajak seluruh OPD untuk bersama-sama menyelesaikan PR besar ini. Karena 6 ribu tersebut bukan sekedar angka saja, tapi itu adalah warga Kota Salatiga yang harus mendapat perhatian khusus dari Pemkot,” kata Muh Haris.

Hal ini selaras dengan goal (tujuan) 1 yaitu menanggulangi kemiskinan dan kelaparan. “Target pencapaian MDGs yang memerlukan kerja keras antara lain goal 1, dan tugas kita sebagai Pemerintah Daerah adalah menuntaskan kemiskinan daerah di mana angka kemiskinan Kota Salatiga tahun 2016 adalah sebesar 5,24%,” papar Wawali.

Bertindak selaku narasumber kegiatan ini adalah Kepala Bapelitbangda Kota Salatiga, Tedjo Supriyanto dengan materi Evaluasi Pencapaian MDGs 2011-2015, serta Kasubid Kesejahteraan Rakyat Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Agung Margono dengan materi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (sg)