SIDOMUKTI – Wakil Walikota (Wawali) Salatiga, Muh Haris mengajak gerakan pramuka Kota Salatiga untuk mengampanyekan gerakan remaja sehat. Hal tersebut disampaikan Wawali saat membuka kegiatan Gelar Krida Saka Bhakti Husada Tahun 2017 di Gedung Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Salatiga, Selasa 10/10.

Wawali mengatakan bahwa gerakan pramuka akan membentuk generasi muda yang berkarakter. “Beberapa waktu yang lalu, saya selaku Ketua Kwarcab Kota Salatiga mengukuhkan Saka Kalpataru Gerakan Pramuka. Intinya adalah gerakan kepramukaan ini mempunyai banyak nilai positif yang akan membentuk karakter generasi muda,” kata Wawali yang juga Ketua Kwarcab Kota Salatiga ini.

Ia menambahkan bahwa melalui saka Bakti husada, ia mengajak pramuka untuk melaksanakan gerakan remaja sehat. “Ingat ya, bangun pagi terus beribadah, berangkat sekolah dan mengikuti kegiatan dengan baik, dan jangan merokok,” pesan Muh Haris.

Sementara itu Ketua Panitia Gelar Krida, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Marhadi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peran generasi muda dalam menjaga kesehatan, baik kesehatan pribadi maupun kesehatan lingkungan.

“Gelar krida ini meliputi 3 kegiatan yaitu pertolongan pertama kegawatdaruratan, gealr jelajah krida dan pentas seni dengan gerakan remaja sehat. Kegiatan ini diikuti 43 regu dari SMA/SMK/MAN se-Kota Salatiga, dengan setiap regu beranggotakan 8 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Selasa 10/10 dan Rabu 11/10 di Gedung Pertemuan Dinas Perkebunan dan Taman Kota Salatiga, Bendosari,” jelas Marhadi.

Bertindak selaku unsur pembina dan penilai dalam kegiatan ini antara lain Kwarcab Kota Salatiga, Dewan Kesenian Kota Salatiga, Palang Merah Indonesia dan Dinas Kesehatan Kota Salatiga. (sg)