Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mewakili seluruh lapisan masyarakat, menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan, dari DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Semarang. Bantuan diserahkan oleh Ketua DPC Hiswana Migas Semarang, Triyanto Cahyo Legowo didampingi anggota, di Rumah Dinas Wali Kota, Senin (04/5/2020). Selaku pribadi dan Ketua Gugus Tugas, Yuliyanto mewakili masyarakat Salatiga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian DPC Hiswana Migas Semarang, yang telah memberikan kontribusi positif dalam penanganan pandemi COVID19 di Kota Salatiga.

 

Diterangkannya, peningkatan PDP yang positif di Salatiga belakangan ini sangat tinggi, namun di sisi lain jumlah pasien yang sembuh juga lebih banyak. Diharapkan, dalam kurun waktu 10 hari, PDP positif yang dirawat bisa segera pulang, sehat, dan bisa beraktifitas kembali.

 

“Sepanjang masyarakat disiplin dan jujur, Pandemi COVID-19 yang tidak diharapkan ini bisa kita tekan. COVID-19  ini harus dikendalikan, bukan dimusuhi. Strategi dan protokol harus kita lakukan dan dipatuhi bersama, tidak perlu panik, tapi perlu kewaspadaan dan disiplin dalam menjalankan anjuran maupun larangan yang diterbitkan oleh Gugus Tugas maupun dari pemerintah,” terang Yuliyanto.

 

Setelah dilakukan penandatanganan serah terima, bantuan APD berupa 40 buah baju APD, 40 kacamata Goggle, 40 pasang sepatu, 70 pasang sarung tangan dan 8 boks masker tersebut segera diserahkan ke Dinas Kesehatan Kota Salatiga dan didistribusikan ke rumah sakit yang membutuhkan.

 

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat khususnya bagi tenaga kesehatan yang ada di Kota Salatiga. Diharapkan tenaga-tenaga kesehatan dapat semakin percaya diri, dan semakin terlindungi dari dampak penularan virus Corona saat menangani masyarakat, baik PDP maupun OTG,” tandas Yuliyanto.

 

Sementara, Triyanto Cahyo Legowo menyampaikan, penyerahan bantuan APD bagi tenaga kesehatan ini sebagai bentuk kepedulian anggota Hiswana Migas untuk turut serta dalam menanggulangi COVID-19 di Salatiga.

 

“APD yang kami serahkan ini bisa dicuci dan dipakai lagi, sehingga nantinya bisa digunakan oleh para petugas medis yang ada di Salatiga. Total nilai bantuan adalah 30 juta,” terangnya.